Coating Tips, Perlindungan Pada Kaca
Publish 2013-08-21 Dilihat: 2441

Cuaca yang tidak menentu membuat jamur tumbuh cepat pada kaca mobil. Lama-kelamaan jamur yang menempel pada kaca bisa mengganggu daya pandang. Apa yang harus dilakukan untuk mencegahnya?


Perawatan kaca penting dilakukan. Selain membuat mobil tampak lebih segar, juga dapat menghindari gangguan pandangan akibat hadirnya jamur. Memang perubahan cuaca yang ekstrem menjadi penyebabnya. Karena hal ini menimbulkan adanya watermark dan noda menempel pada kaca mobil yang sulit dihilangkan bila lama dibiarkan.


Tentunya hal ini berpengaruh pada keamanan berkendara jika kaca yang kusam menghalangi penglihatan saat berkendara. Terutama saat berkendara malam hari. “Gejala ini sering terjadi pada kaca mobil, karena perubahan suhu yang signifikan membuat potensi munculnya watermark dan jamur cepat terjadi,” jelas Nikolas Pulung,Marketing & Business Development Manager GZOX Auto Detailing.


Namun usah khawatir, hal itu dapat dicegah. Salah satunya dengan memberikan coating yang berfungsi melapisi kaca untuk mencegah watermark , jamur dan noda muncul.


Berbagai bahan pun hadir sebagai coating untuk melindungi kaca. Teliti memilih produk menjadi krusial. Tentu saja agar manfaatnya dapat dirasakan sesuai dengan biaya yang dikeluarkan. Lalu bagaimana cara memilih coating untuk kaca mobil.


Sealent Polymer Coating

Sealent Polymer jadi salah satu bahan yang digunakan untuk coating pada kaca. Dengan bahan seperti karet, ia berfungsi melapisi kaca agar terhindar dari noda-noda pada kaca yang sulit dihilangkan.


Pada bahan sealent polymer mempunyai kekurangan karena umur pakainya tidak lama dalam melapisi kaca. Sehingga harus melakukan coating lagi untuk melindungi kaca pada mobil. Untuk aplikasi coating dengan sealent polymer ini dibanderol Rp 500 ribu – 1 juta.


Glass Coating

Berbeda dengan glass coating yang berbahan dasar kaca. Sifatnya yang melapisi dan melindungi kaca dari noda . Selain itu, air juga enggan menempel ketika hujan. Untuk masalah umur, glass coating ini lebih tahan lama. Soalnya, glass coating membentuk yang mengeras seperti kaca. Tak heran jika ketahanannya bisa sampai satu tahun untuk aplikasinya, memang lebih mahal dengan Rp 3- 5 juta.


Rekomendasi :

Banyaknya produk coating yang tersedia tentu membuat konsumen memiliki pilihan. Jika melihat kondisi cuaca yang tidak menentu seperti saat ini , akan lebih baik jika menggunakan glass coating untuk melindungi kaca mobil.


Dengan lifetime jauh lebih lama , dapat menghemat biaya perawatan dalam waktu yang lama. Selain itu sifatnya yang mengeras pada kaca memberi keuntungan sebagai pelindung keamanan. Dengan mengeluarkan uang lebih untuk glass coating keamanan dan kenyamanan pun didapat.

 

Sumber: majalah auto bild edisi 267

Image : gzox.com

Artikel & tips mobil montirGw.com - Cek Biaya Mengganti "Airbag"
Cek Biaya Mengganti "Airbag"
Artikel & tips mobil montirGw.com - Konsumsi Bahan Bakar Mobil Bekas di Indonesia
Konsumsi Bahan Bakar Mobil B...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips cara pemakaian dan perawatan ban yang lebih baik
Tips cara pemakaian dan pera...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Segera Bilas Kendaraan Anda Setelah Kehujanan
Segera Bilas Kendaraan Anda ...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com