Jangan Melamun Jika sedang Berkendara Mobil!
Publish 2014-02-12 Dilihat: 1704

Jakarta -Kehilangan konsentrasi dan melamun sering dialami oleh pengendara mobil. Hilangnya konsentrasi dirasakan pengemudi pada jam-jam tertentu. Kondisi ini tentu sangat berbahaya sebab bisa menyebabkan kecelakaan.

Study yang dilakukan lembaga IAM pada 1.500 pengendara mobil, menemukan hanya 60 persen pengendara mobil yang berkonsentrasi ketika mereka berada di belakang kemudi, sisanya melamun.

Pengendara yang lebih tua memiliki konsentrasi yang lebih tinggi ketimbang anak muda. 70 persen pada pengendara usia 65 tahun mengatakan berkonsentrasi setiap saat, dan 26 persen mengaku berkonsentrasi pada saat tertentu.

Kabar buruk pada pengendara berusia 18-24 tahun. IAM menemukan hanya 50 persen dari pengendara usia tersebut tidak berkonsentrasi sepenuhnya saat aktivitas mengemiudi berlangsung.

Sementara itu 47 persen pengendara berusia 24-34 tahun mengaku tidak pernah berkonsentrasi. Jadi wajar sering terjadi kecelakaan karena banyak pengendara yang tidak sadar kalau mereka sendiri menghadapi maut ketika berada di balik kemudi.

Di sisi lain, hampir 24 persen pengendara mengatakan bahwa melamun dan hilang konsentrasi mengemudi. Kasus tersebut ditemukan pada pengendara mobil usia 18-24 tahun.

Seperti diberitakan kasus ini ditemukan karena pengendara memikirkan banyak hal mulai dari stress (22 persen), berhayal (21 persen), memikirkan keluarga, teman, dan hubungan pribadi (21 persen).

Di Timur Utara Inggris dan Wales, 64 persen pengendara mengatakan mereka berkonsentrasi sepanjang waktu. Pengendara di London yang cukup rentan hilang konsentrasi. Study yang dilakukan menemukan sebanyak 40 persen pengendara mengatakan tidak berkonsentrasi 10 persen ketika aktivitas mengemudi berlangsung.

CEO IAM Simon Best mengatakan, tanda-tanda hilang konsentrasi yaitu tidak mengikuti rambu-rambu lalu lintas. Kondisi ini sangat berbahaya. Dari banyaknya kasus kecelakaan, pengendara tidak bersikap jujur kepada petugas polisi kalau mereka hilang konsentrasi.

"Hasil ini menegaskan stereotip pengendara muda dengan mudah mendapat gangguan. Kuncinya adalah konsentrasi dan meningkatkan kemampuan mengemudi secara terus menerus," ucap Best.

Sumber : detik
Image : nydailynews.com


 

Artikel & tips mobil montirGw.com - Jangan Asal Ganti Pelek Anda,Bahaya
Jangan Asal Ganti Pelek Anda...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Proses Mudah Perpanjang SIM A dan C
Proses Mudah Perpanjang SIM ...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Biasakan Menjaga Perilaku Mengemudi di Jalan Tol
Biasakan Menjaga Perilaku Me...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Ini Cara Setel Jok Pengemudi Elektrik di All New Nissan Teana
Ini Cara Setel Jok Pengemudi...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
25%
Free
montirgw.com - auto deals, Sale.. ALL Achilles Tyres, Semua Jenis Ban Achilles Discount 25%..!!
Sale.. ALL Achilles Tyres, Semua Jenis Ban Achilles Discount 25%..!!
View
pendaftaran montir dimontirgw.com