Rinspeed “XchangE”, Rilis Gambaran Otonomos Masa Depan
Publish 2014-02-21 Dilihat: 1758

Jenewa– Mobil otonomos yang bisa mengemudi sendiri, menurut produsen sudah bisa dijual pada akhir dekade ini. Kalau sudah begini, orang kaya tidak perlu supir lagi (privasi lebih  terjaga), kemungkinan kekekacauan lalu lintas berkurang, begitu juga dengan kecelakaan.

Sementara, pengemudi dan penumpangnya bisa berleha-leha, melakukan berbagai aktivitas yang disukai atau melakukan pekerjaan yang harus diselesaikan sembari melaju pada kecepatan 120 kpj. 
 

Pertanyaan yang muncul, apa yang akan berubah dengan mobil nantinya bila otonomos menjadi kenyataan? Untuk menjawabnya, kita bisa mengikuti gambaran Rinspeed, perusahaan asal Swiss yang sering menelurkan mobil-mobil unik di Geneva Motor Show.


Untuk pameran tahun ini, dimulai 4 Maret mendatang (untuk wartawan), Rinspeed sudah menyiapkan konsep otonomos yang mewah dan canggih. Mobil tersebut diberi nama “XchangE”, mobil listrik Tesla yang telah dimodifkasi oleh 4erC dengan tradisi Helvetic (sebutan Latin untuk Swiss) bersama Esoro.


Untuk menampilkan “XchangE” dengan berbagai pernak-pernik dan kehebatan teknologinya, Rinspeed mengajak tidak kurang 24 perusahaan asal Swiss, Austria dan Jerman dengan berbagai keahlian khusus.


Ruang Keluarga Berjalan
Saking mewahnya, Frank M. Rinderknecht, bos Rinspeed menyebut “XchangE” sebagai kantor atau ruang keluarga berjalan. Pengemudi mobil ini memperoleh kemewahan dan kenyamanan seperti penumpang pesawat kelas bisnis.


Alasan Rinspeed, memunculkan ide ini, sekarang sebagian besar produsen mobil sedang melakukan setuhan akhir terhadap teknologi otonomos. Karena itu, perubahan akan terjadi dalam waktu dekat.


”Sejauh ini setiap orang sudah bekerja dengan keras sampai ke kesimpulan logis, menempatkan dirinya sebagai pengemudi. Dengan otonomis, saat mobil melaju cepat, pengemudi tidak perlu lagi melihat ke jalan dan terus memegang setir. Nantinya, pengemudi menghabiskan waktunya untuk hal yang lebih bermanfaat,” jelas Rinderknecht.


Interior
Konsep otonomos yang disodorkan Rinspeed untuk interior, menggunakan jok serbabaru yang bisa mengingat, dengan standar kualitas dan setelan rileks di kelas bisnis pesawat terbang. Jok bisa dimiringkan dan diputar dibuat oleh produsen kursi medis terkenal di dunia asal Swiss, Otto Bock

Mobility Solutions.

Hasilnya, kursi dengan 20 lebih setelan, sekaligus memecahkan rekor dunia. Selanjutnya, TRW menyumbang setir masa depan, hanya bisa diputar oleh tangan yang telah ditentukan.

Informasi kontrol mengemudi, ditayangkan pada jari-jari setir disertai pula kunci multifungsi transparan dengan pencahayaan lingkungan di tengah panel instrumen. Setir dianggap inovatif karena dirancang secara bionik oleh Georg Fischer Automotive.


Semakin hebat dengan teknologi “steer by-wire” yang dikembangkan oleh Swabian Company Paravan, dengan konsep seperti yang diterapkan di pesawat jet modern.


Bioskop UHD
Penumpang dapat duduk dengan posisi istirahat sembari menikmati konsep baru hiburan dari Harman dengan platform infotainment yang bisa diubah berdasarkan HTML5. Dengan ini pula, sistem terlindung dari serangan para perentas (hacker).


“XchangE” juga dilengkapi dengan sejumlah fungsi lain, yaitu navigasi, hiburan, asisten dan layanan diperagakan melalui 4 monitor. Satu satu, lebarnya 1,2 meter pada setir menayangkan berbagai informasi.

Tersedia pula monitor 32 inci 4K di belakang yang bisa mengubah  “XchangE” menjadi bioskop dengan kualitas UHD yang dikontrol melalui gerakan.


LTE  
Mobil ini dirancang harus  bisa berkomunikasi dengan dunia luar. Untuk itu digunakan data sensorreal time yang terintegrasi dengan oleh sistem infotainment. Sistem juga bisa dihubungkan ke komputasi Awan atau Cloud dengan memanfaatkan jaringan nirkabel Long Term Evolution (LTE) atau lebih dikenal dengan 4G. Untuk ini, Rinspeed mengajak Telekom Jerman dengan jaringan LTEnya yang  mengalirkan transmisi data dengan cepat dan aman.


Semua data yang masuk – dari sistem infotainment Harman dan bagian lain - digabungkan dan dianalis berdasarkan platform Deutsche Telekom “Business-to-car” yang telah distandarkan. 

Dengan ini pula bisa diperoleh layanan berupa pesan, peringatan atau rekomendasi rute dan profil mengemudi. Sedangkan untuk akses ke mobil menggunakan teknologi Radio Frequency Indentification (RFID), bisa menentukan pengemudi yang boleh mengemudikan mobil .


Interor avant-garde dikembangkan oleh Strähle+Hess agar penumpang dapat memperoleh atmosfir unik dan menyenangkan. Untuk itu, jok dilapis dengan tekstil biru dan gradasi abu-abu yang dapat menciptakan nuanasa biru laut. Warna keren ini memperkuat efek rileks saat melakukan perjalanan jauh. 

Tekstil tesebut nyaman saat disentuh karena dibuat dari khusus, termasuk wol Merino dan sutra yang diproses oleh Schoeller dari Bregenz, Austria. RinSpeed pun menganalogikan perpaduan tersebut “benang pintar di mobil pintar”.


Plexiglass
Untuk atap, digunakan Plexiglass buatan Evonik Industries dengan tampilan khusus. Permukaan kaca berkilau dengan berbagai warna pelangi. Untuk ini digunakan 358 LED  yang bisa dikontrol sendiri-sendiri. Plexyglass juga digunakan di depan dan belakang mobil, antara lain panel bergerak dan spoiler belakang.


Di atas setir, dipasang pula jam kreasi Carl F. Bucherer yang bergerak di atas bola dunia transparan. Ketika mobil berhenti, bola dunia itu diputar oleh motor listrik. Proses putar itu adalah gerakan gerakan mekanis jam!


Pelek 20
Untuk memberi kesan kokoh, “ExchangE” diberi kaki, pelek Borbet 20 inci dengan sentuhan akhir “Reflectic, mengkilap dan mengundang perhatian.


Di dalam mobil, pengemudi dan penumpang dapat membaca, mendengar musik, menjelajah dunia maya, bermain games dan menonton film dengan kualitas gambar dan suara prima. Bahkan bisa memantau atau mengikut acara pesta saat melaju pada kecepatan 120 km/jam atau bekerja sembari menghirup secangkir Amici espresso.  


Dengan konsep tersebut, menurut Rinspeed, perjalan pribadi jarak jauh makin atraktif bila dibandingkan dengan menggunakan kereta dan pesawat terbang. 


Sumber : Kompas

Artikel & tips mobil montirGw.com - Suzuki Wagon XRest Tampil di Delhi Auto Expo
Suzuki Wagon XRest Tampil di...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Volkswagen Tiguan di Indonesia tidak akan "direcall"
Volkswagen Tiguan di Indones...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Lewis Hamilton bersama Pagani Zonda 760 LH di Monako
Lewis Hamilton bersama Pagan...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tampilan Desain Terbaru Mitsubishi Outlander Facelift Bocor
Tampilan Desain Terbaru Mits...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
25%
Free
montirgw.com - auto deals, Sale.. ALL Achilles Tyres, Semua Jenis Ban Achilles Discount 25%..!!
Sale.. ALL Achilles Tyres, Semua Jenis Ban Achilles Discount 25%..!!
View
pendaftaran montir dimontirgw.com