Ini Faktor Utama Masalah Lalu Lintas di Indonesia
Publish 2014-04-16 Dilihat: 1400

Jakarta - Macet seolah sudah menjadi budaya di Jakarta dan beberapa kota besar lain di Indonesia. Selain itu, besarnya jumlah kecelakaan yang terjadi di jalan ikut menyumbang betapa besar masalah yang harus dihadapi warga Indonesia. Lantas, sebenarnya apa masalah yang dihadapi kondisi lalu lintas di Indonesia?


Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia, Inspektur Jenderal (Pol) Pudji Hartanto, mengatakan, ada lima faktor utama yang menjadi masalah lalu lintas di Indonesia mengakibatkan kecelakaan atau kemacetan di jalan. Kelimanya saling terkait dan butuh penanganan bukan cuma dari kepolisian tetapi semua pihak terkait.


Manusia
Faktor pertama, manusia. Banyak kecelakaan maupun kemacetan di jalan karena faktor kesadaran manusia yang rendah. "Mereka kurang disiplin, tidak taat aturan, sengaja, lalai, atau dalam kondisi tidak prima, lelah, dan sebagainya. Ini bisa berbahaya di jalan," beber Pudji di Jakarta Utara, Selasa (15/4/2014).


Kedua, faktor infrastruktur. Masalah ini berkaitan dengan kesiapan prasarana yang biasanya dikelola negara. Mulai dari struktur, pagar pengaman, permukaan, penerangan jalan, dan minimnya rambu lalu lintas. Ketiga, faktor kendaraan. Hal ini terkait dengan kualitas keselamatan yang ditawarkan produsen sampai kelalaian konsumen dalam merawat kondisi kendaraannya.


"Bisa terjadi ban pecah di jalan, rem blong, atau ada peralatan yang sudah aus, seperti baut dan sebagainya," lanjut Pudji.


Alam
Keempat, faktor alam. Hal ini diluar kemampuan manusia untuk mengaturnya, tetapi masih bisa dimanipulasi lewat desain atau struktur jalan yang ideal. Cuaca buruk, bencana alam, longsor, pohon tumbang, sampai banjir mengisi masalah pada faktor ini.
 

Terakhir, faktor lain-lain. "Faktor tersebut sekarang ini identik dengan perkembangan teknologi informasi. Mulai dari penggunaan ponsel, tablet, atau apapun ketika sedang berkendara, ini juga sangat berbahaya," tutup Pudji.


Sumber : Kompas

 

Artikel & tips mobil montirGw.com - Jaguar Land Rover Indonesia Coba Bertahan
Jaguar Land Rover Indonesia ...
Artikel & tips mobil montirGw.com - 300.000 unit Mobil China Bermasalah
300.000 unit Mobil China Ber...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Desain dan Spesifikasi Nissan X-Trail Terbaru Gaet Konsumen
Desain dan Spesifikasi Nissa...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Honda Hanya Diskon CR-V dan Freed saja di IIMS 2014
Honda Hanya Diskon CR-V dan ...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com