Cara Urus STNK yang Hilang, Cuma 50rb dapat yang Baru!
Publish 2014-05-19 Dilihat: 5875

Jakarta — Tak perlu cemas saat STNK kendaraan Anda hilang karena ternyata proses pengadaan kembali tak rumit. Kompas sudah pernah berbagi pengalaman tentang alur untuk mengurus hal ini, beberapa waktu lalu. Hanya dengan Rp 50.000 dan mengurusnya sendiri, STNK baru sudah di tangan.

Agar semakin jelas dan detail, Divisi Humas Polri melansir informasi terkait kehilangan surat-surat kendaraan. Cukup penuhi syarat-syarat dan ikuti prosedur untuk mengurus di samsat terdekat. Intinya, ada dua hal yang perlu diperhatikan, yaitu syarat-syarat dan prosedur pengurusan.

Untuk syarat-syarat data, siapkan KTP pemilik kendaraan, asli dan fotokopi, lalu fotokopi STNK yang hilang, surat keterangan hilang STNK dari polsek atau polres setempat, serta BPKB asli dan fotokopi.

Sedikit tips, ada baiknya membuat copy surat-surat berharga Anda (SIM, KTP, STNK, BPKB) untuk arsip saat barang asli hilang. Untuk STNK, samsat sebenarnya sudah punya arsip untuk mencari kopian data tentang nomor kendaraan Anda. Namun, akan lebih mudah jika Anda sendiri yang memiliki copy surat tersebut.

Setelah mempunyai persyaratan data, ikuti langkah berikut:

Pertama, sebelum Anda berangkat ke Samsat untuk meminta STNK baru, pastikan sudah menyiapkan surat keterangan hilang dari Polsek terdekat. Lengkapi berkas dengan BPKB asli dan KTP. Selain itu, pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi komplet. Misalnya, sepeda motor lengkapi sepasang spion dan pastikan semua lampu dalam kondisi baik berfungsi.

Setibanya di Samsat (usahakan pagi tepat saat loket buka), langsung serahkan berkas ke loket cek fisik untuk mendapat nomor antrian. Sepeda motor atau mobil akan diperiksa dan diarsir nomor rangka serta mesin di atas kertas khusus yang sudah disediakan. Setelah cek fisik, lanjutkan menuju bagian Arsip (Ruang Arsip) untuk mengisi Formulir Permohonan STNK (diisi sendiri) dan dilegalisir. Bagian ini memastikan kalau kendaraan Anda benar milik pribadi dan bukan curian.

Kelengkapan berkas kini bertambah dua lembar, kemudian lanjut ke loket khusus untuk meminta Salinan Pajak. Sebagai bukti kalau kendaraan sudah bayar pajak sesuai ketentuan yang berlaku (bukan STNK mati). Dengan berbekal tiga surat keterangan di atas, plus BPKB, dan KTP lanjut ke Loket Tata Usaha Polri untuk memperoleh surat keterangan STNK hilang.

Keenam, seluruh berkas dialihkan menuju Loket Perubahan Roda2/Roda4. Dari sini, Anda tinggal menunggu dipanggil untuk pembayaran ongkos cetak dan kertas khusus di kasir Rp 50.000. Setelah memegang kuitansi, tinggal menunggu STNK baru Anda jadi.

Untuk melakukan semua langkah ini, ada baiknya Ada datang awal di pagi hari karena butuh waktu sekitar 3-4 jam. Pastikan Anda juga tahu jam operasional Samsat, supaya lebih efektif menentukan waktu kedatangan.

Secara rinci menurut point-point dapat dilakukan langkah berikut :

1. Cek fisik kendaraan. Fotokopi hasil cek fisiknya.
2. Mengisi formulir pendaftaran.
3. Mengurus cek blokir (mengurus surat keterangan STNK hilang dari samsat), berisi keterangan keabsahan STNK terkait, misalnya tidak diblokir atau dalam pencarian. Lampirkan hasil cek fisik kendaraan.
4. Mengurus pembuatan STNK baru di loket BBN II. Lampirkan semua persyaratan data dan surat keterangan hilang dari samsat.
5. Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Bila telah dibayar, maka bebas biaya pajak.
6. Membayar biaya pembuatan STNK baru.
7. Pengambilan STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).


Selamat mencoba!
 

Sumber : Kompas
Image :
Kompas

Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Bersihkan Karpet Mobil
Tips Bersihkan Karpet Mobil
Artikel & tips mobil montirGw.com - 6 Cara Mengetahui Mobil Bekas Tabrakan
6 Cara Mengetahui Mobil Beka...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Buat Senyap Kabin Mobil Murah
Buat Senyap Kabin Mobil Mura...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Perpanjang Umur Aki Kering
Tips Perpanjang Umur Aki Ker...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
25%
Free
montirgw.com - auto deals, Sale.. ALL Achilles Tyres, Semua Jenis Ban Achilles Discount 25%..!!
Sale.. ALL Achilles Tyres, Semua Jenis Ban Achilles Discount 25%..!!
View
pendaftaran montir dimontirgw.com