Rem Otomatis Jadi Fitur Wajib disetiap Mobil tahun 2015
Publish 2014-06-03 Dilihat: 1520

Brussels - Sistem otomatis pengereman darurat,  AEB (Autonomous Emergency Braking), didaulat menjadi fitur tambahan wajib di setiap model baru yang dijual di Eropa. Lembaga pengujian mobil baru di Eropa, European New Car Assessment Programme (Euro NCAP), mengatakan, mulai 2015, rating lima bintang hanya bisa didapatkan bila sudah memiliki kelengkapan tersebut.


Di pasar global, nama teknologi ini bisa berbeda-beda di setiap pabrikan, namun punya standar yang sama. Kerja AEB terpisah dari aktivitas pengemudi. Sistem canggih yang mampu mengalkulasikan situasi “berbahaya”, kemudian mengaktifkan rem untuk mencegah tabrakan. Saat ini, kebanyakan hanya dimiliki mobil premium, masih tergolong sedikit di “mobil umum”. Euro NCAP berinisiatif mengambil langkah lebih dahulu, tidak menutup kemungkinan berlanjut ke regional lainnya termasuk Amerika dan Asia. Hal ini semakin memastikan teknologi itu akrab dengan konsumen.


Lebih khusus lagi, salah satu syarat untuk mendapatkan penilaian tertinggi Euro NCAP, AEB bekerja saat dikemudikan di perkotaan dengan kecepatan tinggi. Dijelaskan, selain mencegah kecelakaan, AEB bisa membantu mengurangi kerugian masyarakat, serta mengurangi biaya perbaikan dan polusi.
 

“Persepsi publik dan kemauan konsumen untuk membayar, akan menentukan berapa rating mobil yang menggunakan sistem ini untuk beredar lebih luas. Kami pikir, membuat sistem ini sebagai salah satu syarat mendapatkan lima bintang akan mendorong ketersediaan fitur di pasaran, dan membantu penyerapan secara signifikan,” kata salah satu narasumber Euro NCAP, kepada Auto Express, Minggu (1/5/2014).
 

Hingga saat ini, AEB sudah dimiliki Audi, BMW, Fiat, Ford, Honda, Hyundai, Infiniti, Jaguar, Lexus, Mazda, Mitsubishi, Nissan, Toyota, Volvo, dan VW. Pabrikan yang punya izin jualan di Eropa tapi belum memiliki AEB “terpaksa” harus melengkapinya. Setelah AEB, Euro NCAP sudah menyiapkan regulasi tambahan yang terbaru, teknologi buat mendeteksi pedestrian.


Sumber : Kompas

Artikel & tips mobil montirGw.com - MPV Datsun dibanderol di bawah Rp 100 juta
MPV Datsun dibanderol di baw...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Ferrari Indonesia Siapkan Strategi Baru Hadapi Kenaikan PPnBM
Ferrari Indonesia Siapkan St...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Volkswagen Berhasil menjual 230 mobil di IIMS 2013
Volkswagen Berhasil menjual ...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Update Ferrari F12 Berlinetta dari Novitec Rosso
Update Ferrari F12 Berlinett...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com