Bahaya Mana? Ban Kelebihan Angin atau kurang Angin?
Publish 2014-07-08 Dilihat: 3596
Jakarta - Setiap melakukan perjalanan dengan kendaraan, pastikan Anda mengecek tekanan angin ban. Pastinya ada dua hal yang sering terjadi, kurang angin atau kelebihan angin. Dari dua kondisi ban itu mana yang lebih bahaya?

"Kekurangan angin lebih bahaya," tegas Training Director & Owner The Real Driving Centre Marcell Kurniawan dalam Garda Oto Holiday Festival yang diselenggarakan bersama ngaBLOGburit blogdetik.com di Kuningan City, Minggu (6/7/2014).

Dia menuturkan ban tidak seperti balon yang kalau tekanannya berlebih dapat meledak. "Ban diinflasi 3 kali itu ban masih kuat. Misalnya tekanan standar 33 psi kita hajar sampai 99 psi masih kuat, enggak ada masalah. Tapi kalau kurang angin, inget di ban itu ada load indeks dan speed indeks, keduanya berhubungan, artinya ban bisa dipacu dalam kecepatan sekian dan beban sekian," ujarnya.

Jika ban mobil tekanannya kurang, maka ban akan mengalami kelebihan beban. Ban menjadi tidak sanggup menahan beban sehingga ban akan menjadi lebih panas dan akan meledak.

"Jadi pastikan saat mudik tekanan ban kita pas dan sesuai rekomendasi pabrikan. Karena tekanan yang tidak sesuai dapat mempengaruhi kenyamanan dan konsumsi BBM," ujarnya.



Sumber : detik
Penulis : Dadan Kuswara

Image : autoblog

Artikel & tips mobil montirGw.com - 10 Langkah Agar Selamat
10 Langkah Agar Selamat
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tambah Lampu Kabut di Musim Hujan
Tambah Lampu Kabut di Musim ...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Hati-hati Menggunakan Ban Cadangan Kecil
Hati-hati Menggunakan Ban Ca...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Atasi Bunyi 'nguk-nguk' pada Rem Mobil
Atasi Bunyi 'nguk-nguk' pada...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com