Kendaraan Kecil Medis yang Praktis Pengangkut Pasien
Publish 2014-07-14 Dilihat: 1305
Jakarta - Kendaraan medis gawat darurat biasanya dikaitkan dengan mobil roda empat. Mobil itu selalu dilengkapi dengan berbagai peralatan medis untuk merawat pasien saat hendak menuju rumah sakit guna perawatan lebih lanjut.

Kendaraan ini juga selalu dilengkapi dengan sirene, lampu berwarna merah dan biru gawat darurat agar dapat menembus kemacetan lalu lintas.

Namun, ada yang menarik pada ambulans di Sudan, Zimbabwe, dan Malawi. Kendaraan pengangkut orang sakit di tiga negara itu ternyata jauh dari ambulans-ambulans yang ada di banyak negara lainnya.

Di sana, ambulans hanya berupa sepeda motor yang ditambahkan sespan (ruang tambahan) di sisinya.

Dilansir The Guardian, ambulans-ambulans sepeda motor ternyata dirancang untuk menjangkau banyaknya medan berat, terjal, dan berliku di sana. Laporan menyebutkan, kendaraan ambulans kebanyakan merupakan hasil hibah dari UNICEF untuk menjangkau para wanita hamil, dan lansia yang tinggal di daerah-daerah terpencil.

Ambulans motor ini diberi nama E-Ranger. Bukan tanpa keunggulan, sepeda motor multi-terra ini mampu melaju kencang meski terdapat tandu atau tempat tidur di sisinya.

Meski tak sebesar ambulans mobil, E-Ranger dilengkapi ruang pendingin yang berisi vaksin, obat-obatan, dan air bersih.

"Ini adalah salah satu langkah besar bagi kita untuk cepat menanggapi keadaan darurat yang berhubungan dengan kehamilan dan penyakit anak. Ini adalah solusi terbaik untuk kemiskinan," kata Dr Yasmin Haque, Direktur Program UNICEF Sudan Selatan.

Untuk menjangkau ambulans ini, pihaknya dibantu pemerintah pusat dan daerah setempat menyebar nomor telepon kepada seluruh warga-warga di daerah terpencil.

Para pembawa ambulans motor juga dibekali UNICEF dengan keterampilan khusus mengenai bagaimana mengatasi kasus kritis manusia, dan ambulans-nya.

"Sepeda motor ambulans ini akan menjembatani kesenjangan antara rumah dan pusat-pusat kesehatan serta dapat menekan kematian ibu hamil di negara-negara tersebut," tambah Dr Haque.

Sumber : viva
Image : viva
Artikel & tips mobil montirGw.com - Fiat akan rilis Jeep kecil di bulan Maret
Fiat akan rilis Jeep kecil d...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Mitsubishi Akusisi Pabrik Ford di Filipina
Mitsubishi Akusisi Pabrik Fo...
Artikel & tips mobil montirGw.com - McLaren Buat Mobil Super dengan Harga Terjangkau
McLaren Buat Mobil Super den...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Uji Konsumsi BBM, Honda Mobilio tembus 22,5 km/liter
Uji Konsumsi BBM, Honda Mobi...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com