Untung Rugi Jual Mobil Sebelum Masa Kredit Habis
Publish 2014-07-22 Dilihat: 15348

Jakarta - Besarnya keinginan untuk dapat memiliki sebuah mobil membuat orang menempuh berbagai cara untuk dapat membelinya, baik itu membeli mobil bekas maupun membeli mobil baru secara kredit.


Kredit mobil merupakan salah satu fasilitas kredit yang diberikan bank/perusahaan kredit kepada pihak peminjam/nasabah untuk pembelian mobil.


Jangka waktu kredit mobil pada umumnya hampir sama dengan kredit tanpa agunan, yakni berkisar antara satu hingga lima tahun.


Akan tetapi, ada beberapa perusahaan yang dapat memberikan kredit hingga tujuh tahun dengan paket atau persyaratan tertentu saja. Setiap kredit mobil dapat membiayai mobil idaman Anda hingga 70% atau 80% dari harga mobil tersebut, hal ini tergantung dari pihak penyedia pinjaman/bank dan ketentuan masing-masing.


Uang muka atau down payment merupakan persentase dari harga mobil yang harus peminjam bayarkan kepada pihak penjual pada awal proses pembelian mobil.


Persentase ini berkisar antara 20% hingga 30% dari harga mobil, sehingga jika Anda ingin mendapatkan mobil idaman Anda maka Anda harus setidaknya memiliki sejumlah uang sekitar 30% dari harga kendaraan tersebut.


Ada juga sistem kredit mobil yang dinamakan balloon payment. Dalam sistem balloon payment ini, debitur atau konsumen membayarkan DP mobil sebesar minimal 30% dari harga mobil. Lalu, pada tiga tahun pertama, debitur melakukan cicilan 20% dari harga mobil, dan pada tahun keempat hingga kelima debitur membayar sisa cicilan sebesar 50%.


Jenis kredit seperti ini banyak diminati konsumen karena hingga tahun ketiga cicilan yang dibayarkan terlihat kecil. Padahal, menginjak tahun keempat dan kelima, cicilan jadi sangat besar, bahkan debitur yang tidak siap bisa mengalami kredit macet.
 

Hal tersebutlah yang membuat banyak konsumen untuk menjual mobilnya sebelum masa kredit habis, atau melakukan pengalihan kredit kepada pihak lain. Ada beberapa keuntungan dan kerugian bagi Anda yang ingin melakukan penjualan maupun pembelian mobil sebelum kredit habis atau melakukan oper kredit. Jadi apa pengaruhnya buat pembeli dan penjual mobil?

 

 Bagi Pembeli


- Keuntungan

1. Keuntungan dari membeli mobil oper kredit ini adalah Anda tidak dikenakan biaya mahal, tapi hanya meneruskan tenor kreditnya. Pada proses ini Anda harus datang ke lembaga keuangan yang bersangkutan untuk melakukan transfer nama sehingga sekarang debiturnya adalah Anda karena nanti pada saat pelunasan yang bisa mengambil BPKB hanya orang yang namanya tercantum sebagai debitur.


2. Pembeli biasanya akan dengan mudah mendapatkan kredit mobil tanpa harus melakukan serangkaian survei kredit yang biasanya dilakukan untuk mendapatkan kredit mobil.


- Kerugian

1. Kerugian bagi pembeli adalah tidak dapat menikmati bunga yang ringan. Seandainya, debitur lama mendapat bunga 9% per tahun, Anda harus mengikuti dan tidak dapat mengikuti anggaran yang telah Anda siapkan. Seandainya bisa, proses pelunasan harus dilakukan terlebih dahulu.


2. Membeli mobil kredit jelas lebih mahal dibandingkan membeli secara tunai.


 Bagi Penjual


- Keuntungan

1. Bagi penjual yang sedang kesulitan keuangan, Anda tidak perlu lagi melanjutkan cicilan yang tersisa, bahkan Anda bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan.


2. Bila menjualnya ke tempat kita melakukan kredit mobil atau ke showroom, uang hasil penjualan digunakan untuk melunasi cicilan tersisa, dan apabila masih ada kelebihan uang berarti menjadi milik Anda.


- Kerugian

1. Harga mobil dijual di bawah harga pasaran karena penjual bisa jadi sedang membutuhkan uang sehingga harus menjual cepat. Atau justru penjual sedang tidak memiliki uang untuk melanjutkan cicilan sehingga harus segera dialihkan cicilannya.
 

2. Apabila oper kredit tidak mengikuti prosedur yang berlaku, yakni tidak melapor ke perusahaan pemberi kredit atau kreditur, Anda bisa tertimpa masalah apabila pembeli mobil ternyata mengalami kredit macet. Dan karena nama Anda yang terdaftar di kreditur, mau tidak mau Anda pula yang diminta pertanggungjawaban penyelesaian cicilan yang tertunggak.


Sumber : detik

Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Betulin Rem Mobil Yang Bocor
Tips Betulin Rem Mobil Yang ...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Hal memalukan yang paling sering dialami pengemudi
Hal memalukan yang paling se...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Cara Efektif Maksimalkan Kerja Penyejuk Kabin
Cara Efektif Maksimalkan Ker...
Artikel & tips mobil montirGw.com - 10 Tips Berkendara Saat Terpaksa Melewati Banjir
10 Tips Berkendara Saat Terp...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com