Tips Pasca Membeli Mobil Baru
Publish 2013-05-07 Dilihat: 5937



Perawatan mobil baru adalah titik awal perawatan lifetime yang baik dan benar.


Bagi sebagian masyarakat selain alat transportasi , mobil transportasi mobil adalah investasi. Dan diperlukan perawatan yang sungguh-sungguh agar nilai investasi tetap terjaga. Oleh sebab itu , pemilik mobil baru perlu melakukan Preventive Self Maintenance (PSM). PSM adalah langkah awal merawat mobil, yang mudah dilakukan sendiri oleh pemilik, karena tidak diperlukan kunci (tools) khusus untuk melakukannya.


“Penekanan awal soal PSM adalah memeriksa jenis oli yang dituang  ke mesin. Sebab , oli adalah ‘’ darah” bagi mesin. Jika mesin diberi oli kental padahal kebutuhannnya adalah oli encer , maka kinerja pompa oli akan berat, sehingga akhirnya oli lambat bersirkulasi. Sebaliknya, jika mesin membutuhkan oli kental tetapi diberi oli encer, maka oli bersirkulasi lebih cepat, sehingga komponen menjadi lebih cepat aus,” jelas M. Murad Service Manager Auto 2000 Cabang Garuda, Kemayoran, Jakarta Pusat.  Ini “Penggunaan oli kental ditujukan bagi mesin yang memiliki celah ring Piston yang besar dimana oli encer tidak akan mampu menutupinya, agar suara mesin tidak menjadi lebih berisik. ”


Ini juga memberi penjelasan detail perihal spesifikasi dan kegunaan jenis oli, “Untuk mobil dengan celah ring piston 0,05 mm , maka oli yang dibutuhkan adalah oli mineral. Jika celah piston di bawah 0,03mm, maka oli yang dibutuhkan adalah oli semi sintetis atau full sintetis.”



Berikut ini adalah tips berkaitan dengan PSM.

1.       Perhatikan Jenis BBM yang direkomendasikan

Setiap manufaktur merekomendasikan jenis BBM tertentu untuk mengoptimalkan kerja mesin. Jangan sekali-kali berpikir untuk men-swap BBM sebagai langkah pengiritan. Penghematan BBM dapat dilakukan dengan tune-up mesin secara baik dan benar. Dapat juga dengan memperbaiki cara mengemudi.



2.       Gunakan oli sesuai buku pemilik

Saat ini dipasaran tersedia tiga jenis oli, yakni mineral , semi sintetis dan full sintetis. Masing-masing jenis oli memiliki kelemahan dan kelebihan. Oli mineral tidak mudah menguap, sedangkan oli semi sintetis dan full sintetis mudah menguap karena lebih encer. Pilih oli sesuai kebutuhan mesin, berdasarkan kadar kekentalannya (SAE) dan jenis material oli.


3.       Perhatikan oil change

Banyak pemilik mobil yang melakukan penggantian oli berpatokan kepada odometer. Padahal, cara ini tidak 100% benar. Alasannya, meski jarak tempuh pendek , tetapi mesin mobil telah bekerja keras terlebih bila sering melalui jalan macet. Jadi cara yang tepat adalah dengan berpatokan pada engine hour (jam kerja mesin). Sayangnya , cara ini sulit dilakukan karena tidak mudah bagi pemilik mobil untuk menghitung berapa lama mesin telah berputar. Cara yang mudah adalah dengan N minus ½ N (N- ½ N), dimana N adalah jarak tempuh yang mengindikasikan oli sudah harus diganti. Rumus ini cocok diaplikasi untuk mobil dengan rata-rata total waktu kemacetan 2-3jam/hari. Sedangkan bila mobil itu mengalami kemacetan kurang dari 3jam/hari, maka penggantian oli dapat mengikuti odometer.


4.       Hapus citra “In-rayen”

Mobil mutakhir dibuat melalui rekayasa teknik yang akurat. Sehingga, anggapan in-rayen (menjalankan mobil dengan hati-hati sebelum 1000 km), boleh dibilang tidak cocok lagi. In-rayen untuk mobil anyar justru lebih ditekankan kepada PSM dan tingkat pemahaman dalam membaca buku petunjuk. Sebaiknya jangan sungkan untuk bertanya kepada bengkel resmi atau pusat pelayanan pelanggan jika Anda mengalami kesulitan memahami manual book.


5.       Kenali kadar emisi mobil

Kadar emisi dapat berfungsi menjadi indicator kondisi mesin mobil Anda . Jenis emisi yang dibuang oleh mobil terdiri dari, HC(Hidro Carbon), CO (Carbon Monoksida), dan NOX(senyawa Nitrogen). Kadar HC adalah indicator dari sempurna atau tidaknya kabut BBM yang terbakar. Sedangkan kadar CO merupakan indicator baik atau buruknya masalah sistem penyaluran BBM (pompa bensin, fuel regulator, selang BBM, dan lain-lain). Adapun kadar NOX menandakan tingkat polusi yang berbahaya.


Sumber : majalah AutoCAR, maret 2006

 

Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Mengemudi Kenali dimensi mobil sebelum mengendarainya
Tips Mengemudi Kenali dimens...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips aman bermotor di musim hujan
Tips aman bermotor di musim ...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Cek getaran mesin berlebihan dengan cara sederhana
Cek getaran mesin berlebihan...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Amankan Kendaraan dari Maling
Tips Amankan Kendaraan dari ...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com