7 Sikap yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Diberhentikan Polisi
Publish 2014-08-18 Dilihat: 2354

Jakarta - Ketika melihat sekumpulan polisi yang berada di pinggir jalan maupun ketika mendengar ada suara sirine atau klakson dari polisi di belakang kendaraan kita merupakan salah satu hal yang bisa jadi 'mimpi buruk' para pengendara kendaraan bermotor.
 

Namun, hal tersebut bisa terjadi kapan saja, di mana saja, dan kepada siapa pun. Akan tetapi, bila hal itu terjadi kepada Anda, yang terpenting adalah bagaimana Anda bersikap dan menghadapinya.
 

Sikap dan jawaban yang Anda berikan itulah yang akan menentukan tindakan polisi terhadap Anda, apakah memberikan tilang atau hanya memberi peringatan saja.


Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghadapi polisi ketika diberhentikan di jalan berdasarkan sumber dari Boston.com.


1. Segera minggir dengan aman

Apabila Anda merasa bahwa Anda yang diberhentikan oleh polisi yang mengikuti dari belakang, segera pinggirkan kendaraan Anda.


Hal itu juga untuk mencegah persepsi polisi bahwa Anda akan berusaha kabur apabila tidak segera berhenti.


Selain itu, Anda juga harus meminggirkan kendaraan dengan aman. Pilihlah area bahu jalan yang agak lega, serta perhatikan kendaraan-kendaraan yang berada di sebelah kiri Anda.


Jangan lupa juga nyalakan lampu sein Anda. Anda tentu tidak mau menambah masalah dengan mendapat predikat menyetir dengan tidak aman.


2. Lakukan tindakan pencegahan keamanan

Ketika Anda sudah menepikan kendaraan di area yang aman, matikan mesin kendaraan Anda, tarik tuas rem tangan, dan nyalakan lampu hazard kendaraan.


Polisi akan mengapresiasi tindakan Anda yang turut memerhatikan keselamatan polisi yang memberhentikan serta pengendara lainnya yang lewat.


3. Anda bukanlah ancaman

Menjadi seorang polisi bukan berarti jauh dari ancaman bahaya.


Banyak juga polisi yang mati terbunuh saat berada di jalan raya.


Karena itu, ketika polisi memberhentikan kendaraan Anda, segera turunkan jendela mobil, dan letakkan kedua tangan di atas kemudi mobil.


Jangan keluar dari mobil apabila memang tidak diminta. Jika situasinya adalah pada malam hari, nyalakan lampu di dalam mobil Anda. Hal tersebut untuk menyatakan bahwa Anda bukanlah orang yang berbahaya maupun seorang


4. Serahkan SIM dan STNK

Ini adalah hal pertama yang akan diminta polisi untuk dilakukan. Sebagai tindakan pencegahan, Anda jangan mencari-cari SIM dan STNK apabila belum diminta untuk menunjukkannya.


Jika polisi melihat Anda sedang meraba-raba di laci mobil atau di dalam tas Anda dengan panik, bisa jadi polisi justru mencurigai gelagat Anda yang aneh itu. Bisa jadi persepsi polisi adalah Anda sedang menyembunyikan sesuatu, dan karenanya polisi malah akan menggeledah seluruh mobil Anda.


5. Tenang dan sopan

Memahami cara berbicara yang baik dengan polisi mungkin akan menyelamatkan Anda dari tilang.
 

Jangan berbicara seolah-olah Anda merasa dekat dengan polisi tersebut atau menggunakan sebutan “bos” kepada polisi.


Sebaiknya Anda menjawab seluruh pertanyaan polisi dengan sopan dan menggunakan sapaan “pak” atau “bu”. Jika Anda berbicara ngawur dan tidak sopan, polisi akan menganggap Anda sedang mabuk, dan selain mendapatkan tilang, Anda juga bisa dipenjarakan karena dianggap mengemudi dalam keadaan mabuk.


6. Jangan coba-coba menyogok

Jika Anda tidak mau berlama-lama berurusan dengan polisi, mungkin Anda akan berusaha memberikan sejumlah uang agar Anda dapat segera pergi.


Namun, hal itu bisa menjadi sebuah bumerang juga. Polisi justru akan menganggap itu sebagai sebuah sogokan, dan Anda justru akan dikenakan pasal tambahan. Karena itu, jika memang Anda harus kena tilang, jalani saja prosedur yang harus dilakukan.


7. Jangan mengakui kesalahan

Ini bukanlah sebuah alasan bahwa Anda harus beradu argumentasi dengan polisi yang memberhentikan Anda.


Namun, Anda cukup jangan mengiyakan pernyataan polisi yang menyatakan bahwa Anda telah melanggar lalu-lintas. Jika Anda mengiyakan semua pernyataan polisi, pernyataan Anda itu akan dijadikan bukti untuk memberatkan Anda.
 

Karena itu, apabila Anda memang harus ditilang, selesaikan saja semuanya langsung di pengadilan. Anda tentu tidak tahu apakah polisi yang menginterogasi Anda di jalan membawa alat perekam atau tidak.

Sumber : detik
Image : detik

 

 

Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Safety Driving, Mengemudi di Tol Cipularang
Tips Safety Driving, Mengemu...
Artikel & tips mobil montirGw.com - "Airbag", Bisa Menolong dan Mematikan
"Airbag", Bisa Menolong dan ...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Mobil Matic Lebih Aman dan Awet
Tips Mobil Matic Lebih Aman ...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Cara Memilih Spare Part
Tips Cara Memilih Spare Part
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
25%
Free
montirgw.com - auto deals, Sale.. ALL Achilles Tyres, Semua Jenis Ban Achilles Discount 25%..!!
Sale.. ALL Achilles Tyres, Semua Jenis Ban Achilles Discount 25%..!!
View
pendaftaran montir dimontirgw.com