6 Mitos Salah Mengenai Mobil Anda
Publish 2014-08-18 Dilihat: 2884

Jakarta - Ketika Anda memiliki sebuah mobil dan ingin melakukan perawatan kendaraan itu, beberapa mitos mungkin pernah Anda dengar mengenai mobil Anda. Namun, belum tentu semua mitos yang Anda dengar terbukti benar.


Karena itu, sebelum Anda melakukan apa yang disuruh oleh mitos-mitos tersebut, ada baiknya mencari tahu kebenarannya. Inilah beberapa mitos mengenai segala sesuatu yang terkait dengan mobil Anda menurut Boston.com, dan ternyata terbukti salah.


1. Mitos: Bahan bakar mahal membuat mobil lebih kencang

Fakta: Salah


Mesin dengan spesifikasi dan performa tinggi membutuhkan bahan bakar yang kelas tinggi pula.


Hal itu dianggap bahwa bahan bakar yang bagus akan membuat mobil yang ditakdirkan untuk melaju kencang dapat tetap melaju kencang.


Jika Anda memasukkan bahan bakar yang biasa saja, dipercaya bahwa hal itu akan mengurangi performa mesin mobil yang sudah canggih.


Kenyataannya, hal itu adalah mitos yang salah. Bahan bakar memang memiliki tingkat oktan yang berbeda-beda, tapi itu tidaklah banyak berpengaruh untuk meningkatkan kecepatan mobil, terutama untuk mobil dengan mesin yang umum digunakan.


2. Mitos: Harus mengganti oli mesin setiap 3.000 mil

Fakta: Salah


Kenyataannya, mobil baru tidak perlu diganti olinya setiap 3.000 mil. Mobil keluaran terbaru dengan oli sintetisnya dapat bertahan lebih jauh dan lebih lama. Selalu cek manual kendaraan Anda. Namun, jika memang enggan membaca manual kendaraan yang cukup tebal, lakukan saja penggantian oli setiap 3.000 mil.


Ini adalah cara yang aman, walaupun bukan suatu kewajiban mengganti oli setiap mobil menempuh jarak 3.000 mil.


3. Mitos: Melepas tutup belakang mini truk untuk menghemat bensin

Fakta: Salah


Beberapa pemilik kendaraan mini truk meyakini bahwa dengan melepas tutup bak belakang mobil akan menciptakan sebuah gaya aerodinamis yang berdampak pada penghematan bahan bakar kendaraan.


Kenyataannya adalah mobil mini truk sudah didesain untuk gaya aerodinamis yang optimal justru dengan tutup bak belakang yang terpasang. Bahkan, beberapa mini truk terbaru sudah dilengkapi dengan wind tunnel ditutup bak belakang.


4. Mitos: Mobil polisi dimodifikasi agar dapat lebih cepat

Fakta: Salah


Mobil polisi sering sekali terlihat melaju dalam kecepatan yang cukup tinggi. Orang-orang pun menganggap bahwa mobil yang digunakan polisi bukanlah mobil biasa, melainkan sudah di-upgrade mesinnya agar tidak kalah cepat dengan kendaraan milik masyarakat.


Kenyataannya, pihak kepolisian hanya memodifikasi suspensi dan remnya agar cocok untuk cara mengemudi yang sedikit kasar. Sementara itu, untuk mesinnya sendiri tidak diubah sama sekali. Yang diubah adalah orang di balik kemudinya.


Para polisi pengemudi dilatih agar dapat mengendarai mobil biasa dengan secepat mungkin.


5. Mitos: Mobil besar lebih aman daripada mobil kecil

Fakta: Salah


Anda mungkin akan merasa lebih aman membelikan mobil yang besar daripada mobil kecil bagi anak Anda yang baru saja bisa mengemudi mobil.


Namun, mobil besar biasanya sangat berat dan sulit dikontrol, karena itu justru akan membahayakan pengemudi lain. Sementara itu, mobil kecil lebih mudah dikontrol dan tidak akan dengan mudah lepas kendali.
 

6. Mitos: Selalu panaskan mobil sebelum digunakan

Fakta: Salah

 

Ada banyak mitos yang dipercaya dapat terjadi kepada mesin kendaraan Anda apabila digunakan langsung tanpa dipanasi terlebih dahulu. Beberapa percaya bahwa performa
mesin mobil akan lama maksimalnya karena tidak dipanasi dulu.
 

Kenyataannya, mobil-mobil modern dan terbaru tidak perlu dipanasi terlebih dahulu. Namun, untuk mobil dengan mesin tua, apabila mesin mobil tidak dipanasi terlebih dahulu, AC mobil tidak akan langsung mengeluarkan udara dingin. Jika Anda ingin nyaman, tentu Anda akan menunggu ruangan di dalam mobil dingin terlebih dahulu dengan cara memanaskan mobil.

Sumber : detik
Image : detik

 

 

Artikel & tips mobil montirGw.com - Mobil Matic Anda Mogok?Berikut Tipsnya Agar tidak merusak Transmisi
Mobil Matic Anda Mogok?Berik...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Cara mengganti busi mobil
Cara mengganti busi mobil
Artikel & tips mobil montirGw.com - Minat Beli Mercy Bekas Taksi,Cek Tipsnya disini
Minat Beli Mercy Bekas Taksi...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Bila Mesin Mobil Diesel Anda batuk-batuk, Berikut tipsnya
Bila Mesin Mobil Diesel Anda...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
25%
Free
montirgw.com - auto deals, Sale.. ALL Achilles Tyres, Semua Jenis Ban Achilles Discount 25%..!!
Sale.. ALL Achilles Tyres, Semua Jenis Ban Achilles Discount 25%..!!
View
pendaftaran montir dimontirgw.com