Tips Cara Mengemudi Ramah Lingkungan.
Publish 2014-08-21 Dilihat: 2084

Jakarta - Setelah sebelumnya kita membahas mengenai tenaga alternatif yang dapat digunakan menjadi bahan bakar kendaraan serta artikel mengenai keuntungan menggunakan mobil ramah lingkungan, maka kali ini akan dibahas mengenai cara-cara mengemudi yang ramah lingkungan.


Berikut ini kami berikan enam langkah mengemudi ramah lingkungan yang diambil dari berbagai sumber.Menumpang


Barang-barang di bagasi

Mobil Anda membakar bensin untuk menghasilkan energi. Semakin berat beban yang dibawa, mobil semakin membutuhkan energi yang besar. Itulah mengapa mobil-mobil besar seperti SUV lebih boros bensin daripada mobil-mobil kecil. Bobot mobil yang lebih besar membuat SUV lebih boros bensin.
 

Namun, apa pun jenis mobil yang Anda gunakan, jika Anda mampu mengurangi beban kendaraan, bensin yang diperlukan pun semakin irit. Salah satu cara untuk mengurangi beban kendaraan adalah dengan mengeluarkan barang-barang tidak penting di dalam mobil Anda. Misalnya, buku-buku, sepatu, koper, atau perlengkapan olahraga yang ada di bagasi mobil.


Tekanan ban

Selain bobot mobil yang ditanggung oleh kendaraan, hal lain yang juga turut memengaruhi tingkat keborosan bensin mobil Anda adalah tekanan ban. Karena itu, cara termudah untuk menghindari pemakaian bensin yang boros adalah dengan selalu mengecek tekanan ban mobil dalam keadaan normal.


Ban yang kempes akan memengaruhi pemakaian bahan bakar. Bayangkan saja Anda mendorong sebuah motor yang kempes, tentu membutuhkan tenaga lebih besar dibandingkan ketika mendorong motor dengan ban yang terisi angin penuh. Environmental Protection Agency (EPA) memperkirakan bahwa Anda akan menghemat konsumsi bensin hingga tiga persen hanya dengan mengisi tekanan ban ke batas normal.


Membatasi kecepatan

Salah satu cara terbaik untuk menghemat bensin kendaraan adalah dengan mengatur cara Anda berkendara, yakni dengan mengatur bagaimana Anda mengerem, berakselerasi, maupun ketika mengebut. Hindari prinsip stop and go, yakni dari posisi mobil berhenti langsung Anda tancap gas. Lakukanlah akselerasi dulu secara perlahan, baru tancap gas.


Berkendara dengan pengaturan pengereman, gas, dan akselerasi yang buruk dapat mengurangi efisiensi bahan bakar hingga 33 persen. Ketika mengemudi di jalan tol, Anda juga perlu membatasi kecepatan maksimal kendaraan. Menurut EPA, rata-rata kendaraan melaju di kecepatan 60 mil/jam atau sekitar 96 km/jam, dan setiap ada pertambahan kecepatan 5 mil/jam atau sekitar 8 km/jam dari batas 96 km/jam, terjadi penurunan efisiensi bahan bakar hingga enam persen.


Bahan bakar alternatif

Cara lain yang juga mudah dilakukan agar mobil Anda ramah lingkungan adalah dengan mengganti bahan bakar bensin yang digunakan ke bahan bakar alternatif, seperti biodiesel, listrik, atau ethanol. Dengan menggunakan bahan bakar alternatif, selain Anda turut serta dalam pelestarian lingkungan, biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahan bakar juga lebih hemat. Mobil-mobil ramah lingkungan pun terkenal akan efisiensi bahan bakarnya.


Mengajak teman-teman

Sebagian besar pekerja kantoran di kota besar seperti Jakarta berangkat ke kantor sendirian menggunakan mobil, atau maksimal berdua bersama pasangan plus satu orang joki. Ketika pulang kembali ke rumah juga demikian, minimal tiga orang penumpang harus ada di dalam mobil untuk menghindari 3 in 1.
 

Agar lebih ramah lingkungan, ajaklah teman-teman, baik yang sekantor maupun tidak, yang tinggalnya berdekatan dengan Anda untuk berangkat ke tujuan yang searah. Atau, jika sulit janjian pada pagi hari, lakukanlah ketika pulang kantor. Ajaklah rekan kerja yang arah pulangnya sama dengan Anda. Dengan demikian, Anda turut mengurangi jumlah pemakaian kendaraan pribadi di jalan. Jika tidak ada teman yang mau meninggalkan mobilnya dan bergabung dengan Anda, cobalah Anda yang meninggalkan mobil dan menumpang dengan teman.


Menumpang

Jika ternyata tidak ada teman atau kenalan Anda yang searah dengan Anda ketika berangkat ke kantor, carilah tebengan lain yang searah dengan Anda.
 

Salah satunya adalah dengan menumpang kendaraan orang lain, seperti yang sudah terkenal di Indonesia adalah nebengers. Komunitas nebengers sudah cukup besar dan pemberi tumpangan pun sudah tepercaya, jadi Anda tak perlu ragu lagi untuk menumpang orang lain. Selain menjadi ramah lingkungan, Anda pun jadi hemat uang.

Sumber : detik
Image : detik

 

 

Artikel & tips mobil montirGw.com - 5 Penyebab Awal Sokbreker Mobil Cepat Aus
5 Penyebab Awal Sokbreker Mo...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Berikut Langkah-Langkah Lakukan Klaim Asuransi Kendaraan
Berikut Langkah-Langkah Laku...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Cara merawat power steering kemudi mobil
Cara merawat power steering ...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Deteksi Ban Kempis Biar Lolos dari Target Perampokan
Tips Deteksi Ban Kempis Biar...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
25%
Free
montirgw.com - auto deals, Sale.. ALL Achilles Tyres, Semua Jenis Ban Achilles Discount 25%..!!
Sale.. ALL Achilles Tyres, Semua Jenis Ban Achilles Discount 25%..!!
View
pendaftaran montir dimontirgw.com