Membersihkan Jok Terendam Air, Kupas Luar Dalam
Publish 2013-05-09 Dilihat: 5524


Banyak yang khawatir jika jok kena tampiasan air, rembesan dari dek bawah atau bahkan kerendam banjir, jok masih dapat digunakan lagi. Jangankan kena rembesan atau kesiram tumpahan minuman. Jok yang kerendam banjir saja masih dapat dikembalikan ke kondisi semula kok. Berikut montirgw.com ulas untuk montir mania



Memang, tidak akan maksimal jika dikerjakan sendiri. Sebaiknya serahkan kepada ahlinya, seperti salon mobil. Terutama pada jok kulit atau semikulit , busanya kan basah, jadi baut an ada bekas lumpurnya. Pengerjaannya pun agak sulit. ”Air yang mengendap sampai ke dalam busa, tidak bisa dikeringkan hanya dari bagian luarnya. Tetapi harus dikupas (buka cover, -red)” jelas Margo, pemilik bengkel cuci mobil Planet Car Wash di Jl.Panjang no.5, Jakbar. Kalau tidak dikupas, takutnya busa yang lembab, lama kelamaaan jadi apek.



Pengeringannya pun lebih lama, karena jok dikupas semua, dikeringkan satu-satu. Jika cuaca bagus, pengerjaan jok kulit lebih lama, bisa 5 sampai 6 hari. Setelah dipasang, bahan kulitnya dilapisi cairan khusus perawatan kulit agar tidak mudah jamuran. Kalau jok dari bahan beludru atau fabric dan tidak terlalu basah, misal kesiram minuman atau terkena rembesan ringan, ia menyebut tidak perlu membuka cover jok, busanya dicuci untuk menghilangkan air bekas rendaman yang menimbulkan bau. Lalu disikat pakai sikat lembut, bagian yang berjamur atau kotor dan langsung di vakum. Setelah itu baru dijemur.



Tapi intip juga bagian dalam jok karena ada rangka besi, takutnya ada bagian yang berkarat. Kalau begini, mesti ada kerjaan tambahan lagi untuk menghilangkan karat lebih dahulu. Beda lagi untuk jok mobil mewah, terutama yang berasal dari Eropa. Resikonya tinggi, karena banyak perangkat elektronik dan sensor-sensor. Hal senada diungkapkan Daniel Saputra manajer bengkel salon mobil Show Car Garage di Jl.Meruya Ilir Raya No.191 Jakbar. Mesti lebih teliti, dan disarankan bawa ke bengkel resminya.


Sumber : Majalah otomotif edisi 47 –XXII 21-27 Maret 2013


Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Menjual Mobil Bekas Agar Cepat Laku
Tips Menjual Mobil Bekas Aga...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Membawa Hewan Peliharaan Saat Berkendara
Tips Membawa Hewan Peliharaa...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Cara Menggunakan Transmisi Matik yang Aman
Tips Cara Menggunakan Transm...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Mobil Matic Lebih Aman dan Awet
Tips Mobil Matic Lebih Aman ...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com