Hati - Hati knalpot Bocor (Knalpot bocor berbahaya)
Publish 2013-05-10 Dilihat: 50852

Saat berkendara terdengar suara lebih bising dari biasanya yang terdengar semakin parah seiring dengan putarannya mesin? Gejala ditambah tenaga mesin sedikit berkurang dari biasanya ini juga sering disertai bau yang masuk ke dalam kabin. Nah, ada kemungkinan knalpot mobil bocor.  Saat knalpot bocor, bukan hanya suaranya saja yang mengganggu karena bising. Penumpang bisa tergangggu sesak napas, dan mata berair akibat emisi yang merembes.


Gas CO misalnya, beracun dan mematikan. Kerugian lainnya, tenaga mesin berkurang terutama pada putaran mesin rendah dan bahan bakar jadi boros. Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan knalpot bocor.


·         Usia kendaraan yang sudah tua atau karena korosi.

·         Bocor pada titik-titik sambungan las akibat usaha modifikasi.

·     Sering berada pada lokasi yang udaranya mengandung banyak garam, seperti di daerah dekat laut. Gantungan knalpot yang putus. Hal ini bisa menyebabkan knalpot patah.



Usaha yang dapat dilakukan untuk memperlambat / mencegah knalpot bocor cukup sederhana :


1.   Jangan sering-sering idle, karena hal tersebut bisa menyebabkan air mengendap dalam pipa knalpot  

2.   Setelah melewati genangan air, terutama air yang mengandung garam di daerah dekat laut segera cuci mobil termasuk kolongnya agar kandungan garam tidak merusak knalpot.

  3.     Waspadalah terhadap bunyi-bunyi yang tidak wajar di bawah dek. Gantungan

        knalpot yang patah bisa menimbulkan bunyi seperti ayunan yang terlewat dilumasi.



Knalpot bocor bisa dilas. Namun jika kondisinya terlalu parah, ganti baru. Jika packing knalpot bocor dan belum sempat ke bengkel knalpot, Kebocoran untuk sementara bisa diatasi lem dengan sealer yang tahan temperature tinggi.


Bahaya Emisi Knalpot


Asap knalpot berbahaya tampaknya sudah menjadi kalimat yang umum untuk masyarakat mana pun. Sementara itu , banyak kota besar mempunyai masalah pencemaran udara atau polusi akibat emisi knalpot tersebut.


Jelasnya , asap knalpot mengandung banyak molekul berbahaya seperti karbon monoksida, benzene, formaldehyde, ozone, dan terkadang timbal.


Molekul beracun tersebut akan terhisap dan memenuhi paru-paru, terserap, dan mengalir dalam darah ke seluruh tubuh. Kemudian, akan mencemari organ – organ vital, yang lama-lama akan merusaknya. Akibatnya bisa  jangka pendek dan jangka panjang misalnya kelelahan, sakit kepala, dan sesak napas. Dalam jangka panjang, efeknya akan menimbulkan penyakit kronis seperti penyakit paru-paru, kerusakan jantung, dan perubahan perilaku, serta kanker.


Bahaya emisi knalpot ini bisa dikurangi dengan selalu memeriksakan kondisi dan kinerja mesin mobil. Satu lagi, kurangi penggunaan kendaraan bermesin pribadi.


Periksa Kondisi Mesin Melalui Knalpot


Sebenarnya memeriksa kondisi dan kinerja mesin mobil secara sederhana bisa dilakukan dengan memperhatikan warna asap knalpot mobil. Agar pemeriksaan lebih sempurna, lakukan saat kondisi cuaca cerah dan udara cukup hangat.


Berikut ini kondisi mesin berdasarkan warna asap yang dikeluarkan knalpot. Pertama, asap kebiruan mengindikasikan ada oli yang terbakar di silinder mesin. Penyebabnya bisa oleh sil katup yang bocor, terutama saat mesin dimatikan. Demikian juga bila ring piston sudah aus serta dinding silinder sudah tidak linear lagi.


Kedua, asap hitam biasanya menunjukkan campuran bensin dan udara yang terlalu kaya. Salah satu penyebabnya adalah injektor yang sudah tidak presisi lagi dalam pengabutan.

Ketiga, asap putih umumnya dikarenakan cairan pendinginan mesin yang masuk ke dalam silinder. Penyebabnya bisa terjadi ada kebocoran pada sealant antara silinder dan silinder head.


Teks : Afid S.Y Und , Jimmy Lukita

Foto: saft7.com dan teknologi.inilah.com

Sumber : mobilmotor no.5/xlii/13-26 maret 2013


Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Agar Mobil Matik Tak Mogok saat Melintasi Banjir
Tips Agar Mobil Matik Tak Mo...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Safety Driving, Mengendarai SUV 4x4 di Jalan Licin
Tips Safety Driving, Mengend...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Cara merawat power steering kemudi mobil
Cara merawat power steering ...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Agar Body Mobil Tetap Mengkilap
Tips Agar Body Mobil Tetap M...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
25%
Free
montirgw.com - auto deals, Sale.. ALL Achilles Tyres, Semua Jenis Ban Achilles Discount 25%..!!
Sale.. ALL Achilles Tyres, Semua Jenis Ban Achilles Discount 25%..!!
View
pendaftaran montir dimontirgw.com