Pasar Mobil ASEAN Drop karena Thailand
Publish 2014-11-04 Dilihat: 1387

Bangkok, – Menurunnya performa penjualan mobil di Thailand akan mempengaruhi total penjualan mobil di kawasan ASEAN tahun ini. Menurut data Thailand Automotive Institute (TAI), penjualan mobil Thailand pada Januari - Agustus 2014 drop hingga 38 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Ada dua faktor besar, yakni kebijakan skema first-time car buyers yang merugikan dan situasi politik yang menghangatkan kondisi Thailand pada pertengahan 2014. “Tahun ini sangat turun, karena kami banyak menghabiskan ‘masa depan’ di tahun lalu. Sekarang Thailand harus menghadapi konsekuensi. Sekarang normal, awal tahun tidak normal, dan tahun lalu abnormal,” ungkap Presiden TAI Vichai Jirathiyutd di Bangkok, pekan lalu.

ASEAN
Periode Januari - Agustus 2014 total penjualan domestik ASEAN mencapai 2,12 juta unit, tertinggal dari pencapaian tahun lalu yang sanggup 2,376 juta unit dalam periode yang sama pada 2013. Walau masih ada beberapa bulan TAI mengatakan total penjualan 2014 tak akan bisa menyamai seluruh hasil 2013, yakni 3,55 juta unit.

Di antara lima negara otomotif besar di ASEAN (Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina dan Vietnam) hanya Thailand yang tidak mengalami pertumbuhan. Meski belum rampung, perkembangan dalam periode Januari – Agustus 2014 dibanding tahun lalu sudah terbaca, peningkatan terbesar dialami Filipina yaitu 28 persen, Vietnam 27 persen, Indonesia 5 persen, dan Malaysia 3 persen.

Thailand selama ini selalu menjadi pasar otomotif terbesar di ASEAN, namun kemungkinan tahun ini akan digeser Indonesia. TAI memperkirakan penjualan domestik 2014 hanya mencapai 900.000 unit.

Sementara itu meski Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sudah merevisi target penjualan tahun ini, total mobil baru yang beredar di Indonesia bisa lebih besar dari Thailand, yakni mencapai 1,22 juta unit.



Sumber : Kompas
Image : Kompas

Artikel & tips mobil montirGw.com - Taksi Ber-Wifi Gratis Kini Hadir di Jakarta
Taksi Ber-Wifi Gratis Kini H...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Kualitas Pabrik Isuzu di Indonesia Sama Seperti di Jepang
Kualitas Pabrik Isuzu di Ind...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Masyarakat Ingin Polisi Berlakukan Operasi Zebra secara Berkala
Masyarakat Ingin Polisi Berl...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Suzuki Ciaz, Sedan Pengganti Baleno Bermesin Kecil
Suzuki Ciaz, Sedan Pengganti...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com