Dengar Suara Pada Mobil Kamu?Cek di sini penyebabnya
Publish 2013-11-06 Dilihat: 171645

1.Suara/Bunyi Mesin Mobil

 

Periksa van belt, mungkin terlalu kencang. Efek bila didiamkan saja komponen ini bisa putus yang memicu tidak bekerjanya water pump dan alternator (dinamo ampere) yang dapat mengakibatkan mesin overheating maupun batere (aki) tidak mendapat pengisian arus yang nantinya akan membuat kendaraan menjadi mogok. Kondisi van belt yang abnormal (terlalu kendor) juga bisa menimbulkan bunyi lain, yaitu bunyi mencicit. Efek buruknya sama dengan van belt terlalu kencang.
 

Jenis- Jenis Suara pada Mesin Mobil :

 

- Suara klik-klik yang teratur. Penyebabnya : pergerakan katup. Untuk perbaikan : lakukan pengesetan celah bebas katup ke bengkel, sedangkan pada mobil Injection HLA ( Adjuster Rusak/Aus )

 

- Suara knocking pada mesin saat ada beban atau putaran dipercepat. Penyebabnya : bensin beroktan rendah, endapan karbon, waktu penyalaan yang terlalu cepat. Untuk perbaikan : ganti bensin dengan oktan lebih tinggi, bersihkan endapan karbon dan set waktu penyalaan dengan benar.

 

- Suara ketokan atau dentaman yang pelan saat piston naik. Penyebabnya : bantalan di piston aus, kesalahan pemasangan batang piston, kurang oli.

 

- Suara ketokan logam dua kali terdengar saat mesin tanpa beban. Penyebabnya : pin piston sudah aus atau longgar.

 

- Suara bergetar sewaktu percepatan. Penyebabnya : ring piston atau dinding silinder sudah aus atau patah, tegangan ring piston rendah.

 

- Suara berdecit-decit yang singkat di kepala silinder. Penyebabnya : piston menggores dinding silinder, badan piston patah, kesalahan pemasangan batang piston, kurang oli.

 

- Suara ketokan antar logam berdentam (saat mesin mendapat beban atau dipercepat). Jika deraunya teratur, bantalan luncur poros engkol sudah aus. Jika deraunya tak teratur dan tajam, bantalan duduk (thrust bearing) sudah aus
 

2. Suara dengung di roda
 

Biasanya terjadi saat mobil diajak lari dengan kecepatan tinggi (di atas 40 km/jam). Periksa bagian kaki-kaki, terutama bearing roda dan roda-rodanya. Bila suara terdengar dari depan, berarti pemeriksaan harus dilakukan di roda-roda depan. Mungkin saja bearing roda sudah aus, atau permukaan roda-roda sudah tidak rata. Memang tidak terlalu berdampak ke bagian lain, tetapi suara ini cukup mengganggu kenyamanan.

Suara berisik seperti logam bertubrukan di bagian depan Terutama ketika melewati permukaan jalan yang rusak (berlubang).

Periksa bagian kaki-kaki, terutama Long Tierod dan Tie Rod End dan Ball Joint. Kemungkinan komponen ini sudah aus (tidak presisi lagi) sehingga menimbulkan bunyi saat beroperasi.


Suara kasar di mesin saat AC dihidupkan Periksa Kompresor AC, kemungkinan ada Bearing Kompresor AC yang rusak atau Oli Kompresor bermasalah (ada kebocoran). Jika dibiarkan akan membuat kerusakan pada kompresor itu sendiri.
 

3. Suara kasar seperti dua logam berbenturan

 

Terutama ketika gas kita hentak. Kasus ini biasanya terjadi pada kendaraan dengan Sistem penggerak roda belakang. Periksa propeller shaft (kopel), kemungkinan cross joint-nya sudah aus bahkan pecah. Selain bersuara kasar, body mobil juga bisa bergetar terlalu keras bila tidak balance.

 

4. Bunyi/Suara Wiper Mobil
 

- Bosh Wiper Mobil Rusak

- Karet Wiper mobil Kering

- Motor Wiper Lemah

- Tempat Duduk Wiper Arm Lemah


Solusi Wiper  : ganti wiper montir mania, bila mobil sering di parkir di terik matahari jangan lupa angkat wiper ke atas sebelum meninggalkan mobil. Atau bisa dengan cara tutup mobil dengan cover untuk menghindari cahaya matahari langsung dengan catatan mobil Anda dalam kondisi kering untuk agar tidak lembab dan berjamur.


5.Suara Di Sekitar Plat Kopling

 

6. Bunyi Suara Power Steering & ( PS P/S ) Mobil
 

- Saat stir belok Bunyi Mendecit. Mendecit seperti selip sering di timbulkan oleh tali pompa power steering/Belt pompa.

- Saat stir belok Bunyi ngerik. Suara ngerik timbul pada saat stir belok biasanya bersumber pada pompa atauselang power steering imitasi.

- Saat stir belok BUNYI dan ngek ngok. Bunyi nguk-nguk seperti ada gesekan biasanya ditimbulkan oleh ball joint kering, tierod. untuk memastikan matikan mesin dan stir goyang kanan kiri. Kalau ada dari ball join kering.

- Saat stir belok Bunyi mendesir. Saat power steering belok timbul suara mendesir umunya di akibatkan oleh minyak power habis

 

Sumber : azmot.blogspot.com
Image :
marcadecoche.com, blog.mercedes-benz-passion.com

Artikel & tips mobil montirGw.com - Trik Konsumsi Bahan Bakar Hemat Hingga 15 Persen
Trik Konsumsi Bahan Bakar He...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Cara Mudah Merawat AC Mobil Agar Awet
Cara Mudah Merawat AC Mobil ...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Agar Body Mobil Tetap Mengkilap
Tips Agar Body Mobil Tetap M...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Cara Menggunakan Transmisi Matik yang Aman
Tips Cara Menggunakan Transm...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com