Rawat Karpet Dasar Mobil
Publish 2015-02-23 Dilihat: 2361

Jakarta – Di musim hujan seperti sekarang ini, intensitas kotoran yang menempel di karpet dasar mobil bisa lebih banyak. Banyak pemilik mobil kurang acuh soal kondisi itu padahal komponen ini berperan penting menjaga kenyamanan kabin.

Karpet dasar umumnya dibuat menggunakan bahan sintetis. Beda dengan karpet tambahan yang diletakan di area kaki, karpet lantai menutupi dek kabin. Perannya sebagai “penampung” kotoran yang jatuh di kabin.
 

Jenis kotorannya bisa apa saja, mulai dari debu yang masuk ketika kaca dibuka, serpihan makanan, sampah dari rotasi penumpang, sampai rembesan air saat mobil melewati genangan air atau banjir. Bila terlalu lama dibiarkan memengaruhi iklim kabin menjadi lembab.

Dampak lain, menimbulkan bau tidak sedap yang berpotensi merugikan kesehatan dan menimbulkan karat di dek. Untuk jangka panjang, karpet dasar merupakan salah satu faktor penentu taksir harga mobil bekas.
 

Sudah pasti cara merawat karpet lantai dengan rutin dibersihkan. Cara mudah merawat bisa menggunakan alat bantu seperti, air hangat, sikat lembut, shampoo, dan hair dryer.
 

Campuran air dengan shampo berguna membantu sikat mengangkat kotoran. Penting untuk menyikat kotoran searah agar kotoran bisa tersisih ke satu lokasi. Setelah itu kotoran dibuang, lalu sisanya dikeringkan dengan hair dryer.

Banjir

Krusial buat pemilik memahami salah satu risiko mobil ketika melewati banjir, yaitu air merendam karpet lantai. Kalau sudah begini pembersihan harus dilakukan di bengkel, semua bagian harus dicopot sebab terlalu sulit menggunakan alat bantu sederhana. Beberapa waktu yang lalu service Head Auto2000 Saharjo mengataakan biaya jasa sekaligus pembersihan dan penggantian mencapai Rp 1,2 – Rp 7 juta.

Sumber : Kompas
Image : Kompas

Artikel & tips mobil montirGw.com - Pasang Nosel Washer 3 Mata (Cegah Kaca Cepat Baret)
Pasang Nosel Washer 3 Mata (...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Mau Pasang Stiker buat Avanza, Ikuti Tips Ini
Mau Pasang Stiker buat Avanz...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Memilih Lap Untuk Mencuci Mobil
Memilih Lap Untuk Mencuci Mo...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Kena Tilang Masuk Jalur Busway?Kenalan dulu dengan Jenis Slip Tilang
Kena Tilang Masuk Jalur Busw...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com