Seputaran Kaki-kaki (Hindari Efek Gerobak!, Part 1)
Publish 2013-05-20 Dilihat: 8305


Kunci kenyamanan sebuah mobil terletak di kaki-kaki. Yup, tak sekedar 4 buah sokbreker yang selama ini kerap gonta-ganti pemilik mobil demi mengukur sebuah kenyamanan. Lebih dari itu, sebenarnya masih banyak factor lain yang sebenarnya sangat menunjang kinerja suspension system pada besutan kesayangan. Selama ini banyak yang salah kaprah dengan hanya menyalahkan sokbreker sebagai momok dari ‘efek gerobak’ bila bantingan mobil terasa keras.


Tak ada salahnya melongok ke balik sepatbor untuk memastikan apa saja yang membuat kinerja suspensi menjadi sempurna. “Bahkan, karet-karet penyangga sokbreker pun kadang bisa menjadi biang keladi,” jelas Lenny dari Cahaya Baru spesialis sokbreker dan kaki-kaki di bilangan ITC Duta Mas, Fatmawati, Jaksel.


Selain sokbreker, masih ada komponen seperti karet support atas sokbreker, per keong (coil spring), per daun (leaf spring) hingga bushing pada arm atau lengan ayun yang bisa membuat keseluruhan suspense mobil nyaman dan mantap saat melibas tikungan.


Tak heran bila mobil dengan aplikasi khusus seperti race car, rally car atau driftcar sangat membutuhkan suspense dengan spesifikasi khusus (high performance atau heavy duty) sesuai dengan kebutuhan di lintasan balap. Termasuk pemilik mobil yang mengadopsi suspense aftermarket berembel-embel racing untuk di adopsi pada mobil harian mereka. Apa saja item-nya, bisa dilihat di bawah ini.


Sokbreker Gas

Komponen peredam kejut mempunyai fungsi sangat penting dalam menghadirkan kenyamanan dan keselamatan di jalan. Toh, ada saja pemilik mobil yang tak merasa puas dengan performa sok orisinal. Tak heran bila banyak ‘pemain’ atau toko yang menjajakan sokbreker versi aftermarket sebagai jawaban selera pemilik mobil.



Dipasaran banyak ditawarkan sokbreker gas. “Kadang ada yang minta jenis gas karena versi orisinal dinilai terlalu empuk,” jelas Lenny dari Cahaya Baru, spesialis sokbreker di sentra onderdil Duta Mas, Fatmawati, Jaksel.


Harganya pun sangat beragam, tergantung dari merek dan peruntukan di mobil. Beda Brand saja, harga bisa ‘bumi dan langit’. Sebut saja macam Bilstein gas yang dibanderol Rp 2-3 juta dengan KYB gas yang hanya sepersepuluhnya (Rp 200-300 ribu).


Sokbreker Oli

Merupakan sokbreker yang menjadi komponen asli pabrikan. Rata-rata mobil yang keluar dari showroom mengandalkan sokbreker oli karena memiliki karakter peredaman yang relative lebih lembut. Dari pembuatannya pun tak semahal sokbreker gas sehingga harganya relative murah disbanding jenis gas.”Untuk pemakaian sehari-hari yang tidak membawa beban berat, sok oli masih sangat mumpuni,” jelas David Ahie, tuner dari Top Speed Motor dibilangan Kedoya, Jakbar.



Bentuk dan dimensinya pun 11-12 alias tak ada beda. Baru ketahuan setelah pengikat sokbreker dilepas. As sokbreker oli tidak menendang ke atas seperti sok breker jenis gas. Sokbreker oli yang sudah rusak atau bocor juga bisa dideteksi dengan mudah karena sekitar tabung sok akan basah oleh oli yang merembes ke luar. (Ki:X)


sumber : majalah otomotif edisi 45

image: mobil.otomotifnet.com, ebay.com, ceriwis.com, bukalapak.com

Artikel & tips mobil montirGw.com - Musim Hujan Telah Datang, Yuk Ganti "Wiper"!
Musim Hujan Telah Datang, Yu...
Artikel & tips mobil montirGw.com - 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Nyetir di Bawah Debu Vulkanik
5 Hal yang Perlu Diperhatika...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Memilih Pelek dan Ban yang Benar
Tips Memilih Pelek dan Ban y...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Berikut Perhitungan Biaya Pajak dan Denda STNK
Berikut Perhitungan Biaya Pa...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
25%
Free
montirgw.com - auto deals, Sale.. ALL Achilles Tyres, Semua Jenis Ban Achilles Discount 25%..!!
Sale.. ALL Achilles Tyres, Semua Jenis Ban Achilles Discount 25%..!!
View
pendaftaran montir dimontirgw.com