Seputaran Kaki-kaki (Hindari Efek Gerobak!, Part 2)
Publish 2013-05-20 Dilihat: 72410

Sokbreker Catridge


Jenis sokbreker model polos yang tidak memiliki pegangan atau kuping pengikat karena jenis catridge ini memiliki selongsong atau rumah tersendiri. Lazim digunakan oleh mobil dengan penggerak roda depan yang menganut Mac Pherson strut. “Kalau sokbreker sudah rusak, tinggal beli isinya saja karena rumah sok akan dipakai lagi sehingga lebih praktis dan efisien,” papar Lenny.



Sokbreker jenis ini pula yang kemudian menjadi inspirasi tukang oprek alias modifikator untuk membuat sokbreker jenis coil over spring suspension. Sama seperti sokbreker model utuh, sok catridge ini bisa pilih antara gas atau oli sesuai kebutuhan. Hampir semua brand terkenal ikut membuat sok model catridge karena mayoritas mengadopsi desain polos seperti ini. (Ki: X)


Per Daun


Komponen kaki-kaki yang berfungsi untuk menahan bantingan layaknya per keong. Bedanya, per daun didesain seperti bilah pedang yang ditumpuk menjadi satu. Lantaran bentuknya lembaran seperti daun, kerap disebut per daun atau leaf spring.



Meski sedan dan mobil penumpang zaman sekarang sudah mulai meninggalkan teknologi per daun, penahan bantingan ini sangat popular di era 70-an karena kemampuannya menahan beban lebih berat saat mobil diisi muatan besar baik barang maupun penumpang. Makanya per daun yang bermatrial logam besi ini, sekarang hanya diandalkan untuk mobil komersial seperti truk atau minibus dan beberapa SUV tertentu. Contoh di Nissan Evalia yang hanya memakai selembar per daun untuk mengejar fleksibilitas kenyamanan.


Hanya satu pabrikan dunia yang sempat mengembangkan teknologi per daun untuk kenyamanan di sedan, yakni Volvo. Uniknya per daun tidak memakai bahan logam melainkan material plastic keras semacam ABS resin yang lenturtetapi tidak mudah patah sehingga bisa senyaman per keong.


Per Keong


Merupakan pengembangan dari per daun yang mulai ditinggalkan kerena dianggap kurang nyaman. Per keong atau coil spring menjadi jawaban dari suspense nyaman khas sedan karena daya menahan bantingan lebih smooth dan lembut , tidak sekeras per daun. Tetapi juga memiliki konsekuensi tidak bisa menahan beban berat saat mobil bermuatan besar/ banyak karena daya ulir pegas yang terbatas. “Mungkin ada ratusan ukuran dan jenis per keong di seluruh dunia karena sangat bergantung dari preassure rate,” terang David Ahie lagi.



Teknologi yang semakin maju soal per keong , membuahkan lahirnya per keong model progresif. Jadi selain memperhitungkan kenyamanan saat berkendara, namun tak melupakan kemampuan menahan body roll saat mobil bermanuver ekstrem. Ganti dari model lain pun tak haram. Contoh paling sering, sedan-sedan Jepang yang mengadopsi per keong dari mobil Eropa karena sudah ceper. “Pakai per Eropa membuat mobil yang sudah amblas tak mudah ngesrot tetapi suspensi tetap berfungsi,” terang Risang Dewanata, modifikator yang juga ‘pemilik’ pelek racing aftermarket.


Sok breker Coilover



CoilOver merupakan gabungan antara per dan shock absorbers sekaliagus dan dapat diatur tinggi rendah per atau bahasa kerennya preload dan keras lembut bantingan. Tipe ini paling laku dipasaran, karena harganya lebih terjangkau sekitar Rp 9 jutaan untuk buatan Jepang. Ada lagi yang Fully adjustable. Harga jenis untuk buatan Taiwan berkisar Rp 10 jutaan. Kalau buatan Jepang bisa 2-3 kali lipat. “Ambil contoh Toyota 86 jika ingin menggunakan coilover Tanabe Sustec Pro Z40 harus merogoh kocek Rp 21 juta belum termasuk ongkos pasang, ” sebut Marissa Tanidjojo dari CK Motorsport di Jalan Panjang Jakbar, distributor Tanabe. (Hardy)


Air Suspension


Suspensi jenis ini banyak diaplikasi mobil mewah terkini, dan peserta kontes modifikasi juga penganut aliran elegan. Keuntungannya, dapat mengatur tinggi rendah sokbreker sesuai kemauan dengan hanya menekan tombol. Rentang harga variatif, dari belasan hingga Rp 50 juta tergantung merek.



Untuk versi aftermarket, dipasaran Indonesia ada beberapa seperti Air Runner, Universal Air Suspension dan Air Lift. Hanya Air Runner yang buatan Jepang sedangkan Universal dan Air Lift buatan Amerika. “Sebaiknya untuk pemasangan air suspension serahkan kepada distributornya supaya menghindari kerusakan yang fatal,” ujar Ferry dari Concept Motorsport, Kelapa Gading Jakut selaku distributor Air Runner. (Hardy)


Karet Support Atas



Komponen ini sering diganti jika tidak hati-hati melewati jalan rusak atau mobil sudah ceper. Jika sudah rusak akan menimbulkan bunyi yang mengganggu dan terdengar dari arah sokbreker bagian atas. Di pasaran terdapat karet support orisinal dan KW. Cara membedakan tidak terlalu sulit, bisa dari stiker part number yang kualitas warnanya tidak bagus dan font juga berbeda dengan versi orisinal.


Dari fisik barang juga terlihat kok, misalkan cat versi asli warna doff, sedangkan yang KW solid. Lebih gampangnya sih dibandingkan langsung antara versi KW dan orisinal,” timpal Rudy Solihin dari Ramayana Motor di Kedoya , Jakbar


sumber : majalah otomotif edisi 45

image: mobil.otomotifnet.com, ebay.com, ceriwis.com, bukalapak.com


Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Berkendara untuk Wanita Hamil
Tips Berkendara untuk Wanita...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Sentuhan Khusus untuk Kabin Car Theatre
Tips Sentuhan Khusus untuk K...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Audio di mobil non Premium, Kenali Desain Interior
Tips Audio di mobil non Prem...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Cara Merawat Mobil Sebelum Ditinggal Pergi Lama
Tips Cara Merawat Mobil Sebe...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com