Tips Menjual Mobil Bekas, Perhatian Ekstra Sebelum Dilego
Publish 2013-05-22 Dilihat: 2534



Butuh perhatian ekstra untuk menjual mobil seken Anda. Mulai dari penampilan Eksterior,Interior, performa mesin dan lainnya. Inilah 10 faktor penting yang mesti diperhatikan, berikut montirgw.com kutip untuk para montir mania.


Tidak hanya mobil baru, mobil seken juga menjadi bahan pertimbangan konsumen untuk dimiliki. Ada beberapa faktor yang menjadi hal krusial dalam memburu mobil kesayangan Anda. Pandangan pertama begitu menggoda. Hal inilah yang membuat penampilan luar mobil bekas sangat penting. Inilah hal pertama yang dilirk pembeli saat menilai mobil mobil seken. Bila tampilan luarnya baik, baru calon pembeli merasakan beberapa hal lain. Seperti performa mesin, suspense dan lainnya yang sifatnya teknis.


Lalu ada beberapa item yang perlu diperhatikan sebelum melego mobil seken. Jangan sungkan minta bantuan mekanik untuk mengecek lebih jauh kondisi komponen mobil. Tak hanya mengecek, jika part tersebut sudah bermasalah, jalan terbaik adalah menggantinya dengan komponen baru.


1.       Mengilapkan Bodi

Penampilan eksterior yang apik bisa membuat calon pembeli langsung tertarik.Caranya dengan memoles mobil. Bisa dilakukan sendiri (do it by yourself) atau menyerahkan ke jasa professional alias salon mobil.



2.       Membersihkan Lampu

Kebersihan lampu-lampu menunjang penampilan eksterior. Seperti lampu depan dan belakang. Jika sudah kusam atau berair, Anda menggunakan jasa salon mobil untuk mengembalikan kondisinya. Atau Anda dapat membersihkan sendiri dengan memanfaatkan kuas, sikat dan deterjen atau pembersih kaca. Perhatikan mekanisme membuka mika lampu yang dibersihkan. Perhatikan sil dan pasang kembali sesuai dengan bagiannya dan pastikan terpasang sempurna.




3.       Merapikan Interior

Pastikan bagian ini bersih dan segar agar membuat calon pembeli merasa nyaman di kabin. Bila Anda ingin hasil maksimal, Anda langsung ke salon mobil untuk memastikan kondisi kabin. Bila tidak, Anda juga melakukan sendiri dengan memaksimalkan kebersihan interiornya.



4.       Kelengkapan Dokumen

Faktor ini juga krusial untuk transaksi mobil seken. Pastikan STNK dan BPKB Anda simpan dengan baik sebagai bukti kepemilikan kendaraan. Faktur kendaraan juga dilampirkan untuk kebutuhan itu.


5.       Data Service

Kerap dibutuhkan bila usia kendaraan Anda belum berumur. Data service record kendaraan yang berisi perawatan berkala di bengkel resmi merupakan kunci menjaga performa mesin mobil tetap optimal. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menjaga harga mobil Anda saat mau dijual.


6.       Performa Mesin

Delain kebersihan ruang mesin, pastikan tidak ada kebocoran di sekitar mesin. Baik kompresi mesin dan munculnya lelehan oli. Bila ada, maka lakukan service di bengkel kepercayaan Anda. Sejalan dengan itu, jangan lupa mengganti oli mesin. Fungsinya, selain sebagai pelumasan mesin, oli juga menjaga suhu mesin, hingga efek detergen yang dapat membersihkan ruang mesin dari kerak.



7.       Rem

Jangan main-main dengan komponen ini. Karena komponen ini vital, pastikan bagian bekerja optimal. Bila perlu, ganti komponennya dengan yang baru untuk memastikan hal itu. Mintalah mekanik Anda memeriksa sistem rem mulai dari master hingga slangnya.


8.       Kaki-kaki

Periksalah kondisi tie rod, long tie-rod, bushing, lengan-lengan, bearing dan shock absorbe di bengkel langganan Anda. Umumnya komponen di sector ini kalau sudah bermasalah tidak bisa diperbaiki, melainkan diganti dengan yang baru. Semua ini untuk kenyamanan dan pengandalian kendaraan. Faktor ini dinilai calon konsumen saat melakukan test drive.



9.       Sistem Pendingan Mesin

Jangan abaikan sistem pendingin mesin. Cek kondisi radiator dan semua hal yang berhubungan dengannya. Seperti kipas, baik yang visco maupun elektrik, belt hingga water pump.


10.   Kondisi Ban

Perhatikan ketebalan ban mobil Anda. Apakah masih dalam toleransi yang direkomendasikan pabrikan atau tidak. Termasuk ban cadangan. Pastikan pattern belum menyentuh Tread Wear Indicator (TWI). Begitu pula jika terlihat retak di dinding atau sekitar telapak. Bila tidak, opsi ganti baru menjadi pilihan. Pasalnya hal ini bisa menjadi bahan argument calon pembeli untuk mengurangi harga mobil bekas Anda.



Sumber : majalah Auto Bild Edisi 262

Penulis : Toni

 

Artikel & tips mobil montirGw.com - Jangan Remehkan Fungsi Tutup Pentil Ban
Jangan Remehkan Fungsi Tutup...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tutup Radiator Mesti Diganti bila Sering Isi air di Reservoir
Tutup Radiator Mesti Diganti...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Perhatikan Hal Ini Saat Pasang ”Roofbox”
Perhatikan Hal Ini Saat Pasa...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Mobil "Ngelitik" Saat Diajak Ngebut, Jangan Panik
Mobil "Ngelitik" Saat Diajak...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
25%
Free
montirgw.com - auto deals, Sale.. ALL Achilles Tyres, Semua Jenis Ban Achilles Discount 25%..!!
Sale.. ALL Achilles Tyres, Semua Jenis Ban Achilles Discount 25%..!!
View
pendaftaran montir dimontirgw.com