"Pemakaman" Mobil Tua Singapura
Publish 2015-05-28 Dilihat: 1170

Singapura,  – Batas satu periode kepemilikan kendaraan di Singapura hanya 10 tahun sesuai tengang waktu yang diatur dalam Certificate of Entitlement (COE). Setelah masa kepemilikan habis ada dua pilihan buat pemilik mobil, pertama mengajukan COE baru untuk periode kepemilikan selanjutnya, atau bila tidak mobil akan dihancurkan.
 

Salah satu tempat penghancuran adalah Propel Auto Parts, Kompas sempat menyaksikan sedikit aktivitas mereka saat berkunjung ke kawasan industri Kranji, sebelah utara pusat kota Singapura, Selasa (26/5/2015).
 

Di Singapura, Propel menjadi salah satu penampung terbesar mobil berusia 10 tahun tanpa COE. Di lokasi ada banyak “bangkai” mobil merek Eropa, seperti Audi, BMW, Mercedes-Benz, dan Volvo. Sebagian besar suku cadangnya sudah dilucuti hingga tinggal rangka saja. Sisa yang menjadi rongsokan ditumpuk, kira-kira ada ratusan jumlahnya.
 

Pemandangan ini seperti mengganggu pikiran, pasalnya masih banyak mobil-mobil yang terlihat sangat bagus, tapi sedang mengantre menuju "kematian".
 

Warga lokal, Karl Daruwalla, sekaligus salah satu perwakilan dari Porsche Asia Pacific membantu memahami dengan mengatakan kerja Propel melakukan pembelian wholesales mobil tak terpakai dari diler mobil di Singapura. Kerja sama diler dengan Propel didasari bisnis yang timbul karena regulasi Pemerintah Singapura terkait COE.
 

Fungsinya yang kedua menjadi salah satu pilihan lokasi menghancurkan mobil yang sudah berusia 10 tahun. Selain itu Propel juga bisa melakukan ekspor untuk pesanan unit utuh atau berupa suku cadang. Propel hanya menerima mobil-mobil Eropa.
 

Bisa jadi inilah penyebabnya Singapura menjadi salah satu tempat favorit sebagian pemodifikasi Indonesia mencari suku cadang mobil-mobil langka.


Sumber: Kompas
Image: Kompas

Artikel & tips mobil montirGw.com - Daihatsu Bakal Pajang 6 Model Konsep Baru di IIMS 2014
Daihatsu Bakal Pajang 6 Mode...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Ide sederhana untuk hemat BBM dari Korea
Ide sederhana untuk hemat BB...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Hyundai Indonesia luncurkan Hyundai Grand i10 dan festival FIFA
Hyundai Indonesia luncurkan ...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Krisis Keuangan, GM, Jaguar Land Rover dan Audi Stop Jualan di Rusia
Krisis Keuangan, GM, Jaguar ...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com