Agar Mobil Tetap Cantik dan Awet Muda
Publish 2015-06-16 Dilihat: 1634

Jakarta – Apa tipe mobil impian Anda? Jenis sedan, hatchback, SUV, atau mobil sport? Lalu, bagaimana perasaan Anda, jika setelah bersusah payah mendapatkan mobil impian, tiba-tiba hanya dalam waktu kurang dari satu tahun warna cat mulai kusam karena cuaca ekstrim? Atau, kerutan di badan mobil mulai terlihat karena sering baret saat berkendara?
 

Perawatan kendaraan secara berkala memang wajib dijadikan agenda rutin. Contohnya, mengganti oli, tune up, cek elektrikal, rem, dan suspensi mobil.
 

Namun, tampilan luar mobil juga penting diperhatikan agar tetap mulus dan cantik. Jadi, saat mulai melirik tipe mobil baru, harga jual mobil Anda tetap bersaing. Nah, perawatan sederhana berikut ini akan membuat tampilan mobil tetap awet muda:
 

Berlindung dari sinar matahari

Saat ini, suhu Jakarta di siang hari bisa mencapai 35 derajat celcius. Bila mobil sering terkena paparan langsung panas matahari setinggi itu, warna cat jadi terlihat kusam. Lalu, pada bagian mobil berlapis karet, termasuk karet wiper, akan mudah robek dan tidak elastis lagi.
 

Karena itu, biasakan memarkir mobil di tempat teduh. Penggunaan penutup mobil belum tentu secara maksimal dapat menghindari efek sinar matahari.
 

Namun, jika terpaksa parkir di ruang terbuka, pastikan untuk menegakkan batang wiper agar tidak bersentuhan langsung dengan kaca. Ini berguna agar karet wiper tidak mengeras atau menjadi tidak rata karena menempel pada kaca yang panas.
 

Jangan lupa, lapisi kaca mobil dengan kaca film anti sinar ultraviolet. Walau sedikit lebih mahal, kaca film jenis ini mampu mengurangi efek negatif sinar matahari ke dalam bagian kabin mobil.

Adapun untuk perawatan badan mobil, ada baiknya Anda secara rutin memoles bodi di salon mobil. Cara ini bisa membuat cat mobil lebih awet karena memiliki lapisan pelindung. Jangan khawatir, saat ini banyak paket perawatan mobil hemat sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda.


Jamur di musim hujan

Pada dasarnya, jamur timbul karena bekas bercak air kotor menempel di badan mobil. Bercak ini kemudian mengering dan menjadi lahan subur bagi jamur.
 

Sebaiknya, cuci bersih badan mobil tiap sehabis terkena hujan. Cukup bilas dan keringkan bodi dengan plas chamois. Namun, jika sedang merasa malas, Anda bisa datang langsung ke tempat pencucian mobil.
 

Untuk melindungi ruang dalam kabin dari jamur, lapisi lantai mobil dengan koran bekas. Jadi, ketika alas kaki basah karena hujan, Anda bisa tetap masuk tanpa membasahi lantai mobil.
 

Melindungi sepenuh hati

Perawatan berkala telah masuk jadwal. Perlindungan sehari-hari pun sudah dilakukan. Namun, kejadian tak terduga bisa saja tiba-tiba terjadi, misalnya banjir, pencurian, atau kecelakaan.
 

Asuransi adalah pilihan tepat. Dengan mengasuransikan sesuai kebutuhan, Anda telah melindungi mobil kesayangan secara menyeluruh. Biaya perbaikan mobil yang mendadak dan mahal pun bisa dihindari.

Selamat mencoba!

Sumber :Kompas
Image : Kompas

Artikel & tips mobil montirGw.com - Cara Mudah Urus Tilang Tanpa Sidang
Cara Mudah Urus Tilang Tanpa...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Baca Ini Dulu Sebelum Beli Mobil
Baca Ini Dulu Sebelum Beli M...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Musim Hujan Telah Datang, Yuk Ganti "Wiper"!
Musim Hujan Telah Datang, Yu...
Artikel & tips mobil montirGw.com - AC Mobil Panas? Segera Cek Komponen Ini
AC Mobil Panas? Segera Cek K...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
25%
Free
montirgw.com - auto deals, Sale.. ALL Achilles Tyres, Semua Jenis Ban Achilles Discount 25%..!!
Sale.. ALL Achilles Tyres, Semua Jenis Ban Achilles Discount 25%..!!
View
pendaftaran montir dimontirgw.com