Proses Mudah Perpanjang SIM A dan C
Publish 2015-06-16 Dilihat: 1705

Jakarta, - Surat Izin Mengemudi (SIM) memiliki masa berlaku lima tahun dari tanggal diterbitkannya SIM. Setelah itu, pemilik SIM wajib memperpanjang atau akan dianggap tidak memiliki SIM bila membawa surat yang sudah kadaluwarsa.

Nah, ada dua cara untuk memperpanjang SIM, pertama bisa datang langsung ke tempat SIM diterbitkan (Satuan Pelaksana Administrasi SIM) seperti di Daan Mogot. Kedua bisa memanfaatkan layanan SIM Keliling dari Kepolisian Republik Indonesia.

Mobil SIM Keliling ini kerap membuka layanan di beberapa lokasi tertentu di Ibu Kota. Cara ini bisa lebih praktis daripada harus datang ke kantor Satpas SIM yang jumlahnya lebih terbatas.

Hanya saja, memanfaatkan layanan ini buka tanpa keterbatasan. Ternyata, tidak semua layanan perpanjangan masa berlaku SIM bisa dilayani di sini. Semua layanan harus memenuhi ketentuan dan syarat yang berlaku. Umumnya yang bisa dilayani di SIM keliling hanya SIM A dan C.

"Kalau masa berlaku SIM sudah lebih dari tiga bulan tidak bisa diperpanjang. Harus membuat  ulang, caranya sama seperti bikin SIM baru harus ikut proses teori dan praktek," ujar Iyan, petugas yang mengurusi SIM keliling kepada KompasOtomotif, di diler Astra Motor, Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur, Senin (15/6/2015).

Agar lebih mengerti soal layanan apa yang bisa dimanfaatkan di SIM Keliling, simak pemaparannya berikut ini:

1. Layanan SIM keliling hanya melayani perpanjangan untuk pengendara sepeda motor (C) dan mobil (A).

2. Proses perpanjangan bisa dilakukan sebelum masa habis SIM berlaku dengan tenggang waktu 14 hari.

3. SIM yang masa berlakunya telah habis dapat diproses maksimal dalam kurun waktu tiga bulan terhitung tanggal berlaku habis.
 

Calon pemohon perpanjangan SIM bisa mendatangi kendaraan layanan SIM keliling terdekat dengan domisili tempat tinggal. Lalu mengantre formulir permohonan SIM. Pada formulir ini, peserta wajib mengisi beberapa informasi, mulai dari bio data lengkap dengan tanda tangan.
 

Setelah diisi, tinggal menyerahkannya lagi ke petugas dilengkapi dengan lampiran SIM lama, fotocopi SIM, dan KTP. Selebihnya hanya tinggal menunggu giliran untuk dipanggil melakukan proses selanjutnya.
 

Petugas akan memanggil satu per satu untuk melakukan beberapa proses, seperti foto, penyamaan informasi dari formulir, pindai ibu jari, juga tanda tangan.Semua proses ini dilakukan di dalam kendaraan layanan SIM keliling.
 

Harga perpanjangan di SIM Keliling untuk SIM mobil (A) dan sepeda motor (C) hanya selesih Rp 5.000. Hal ini pun kembali diterangkan oleh Iyan, petugas pembagian formulir di SIM keliling wilayah Jakarta-Timur.
 

"Untuk perpanjang SIM A itu Rp 140.000, kalau SIM C Rp 135.000. Semua harganya sama, tapi kita tidak bisa jamin cepat atau tidaknya karena tergantung lagi ramai atau tidak. Paling lama prosesnya satu jam," ucapnya.
 

Bagi Anda yang mau memperpanjang masa berlaku SIM, datang ke lokasi sebelum waktu mulai beroperasi, yakni pukul 08.00 WIB. Dengan datang lebih cepat, maka proses memperpanjang SIM akan lebih cepat juga selesai.
 

Sumber :Kompas
Image : Kompas

Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Melawan Panas di Kabin Mobil
Tips Melawan Panas di Kabin ...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Kenali Penyebab Bunyi 'sring-sring' pada Cakram Rem Mobil
Kenali Penyebab Bunyi 'sring...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Membawa Balita pada Perjalanan Jarak Jauh
Tips Membawa Balita pada Per...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Klik! Yuk Pasang Sabuk Pengaman Meski Duduk di Belakang
Klik! Yuk Pasang Sabuk Penga...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com