Tips Berasuransi, 10 Do’s and Don’ts in Insurance
Publish 2013-05-23 Dilihat: 2518

10 langkah yang mesti dilakukan dan dihindari dalam berasuransi, terutama saat klaim. Inilah esensi asuransi mobil Anda


Berasuransi bukan sekedar membayar polis semata, tapi mekanisme serta pemahaman apa yang ada di dalamnya bisa menjadi panduan Anda. Paling umum adalah berkenaan dengan klaim meski klaim dilakukan tergantung kondisi di lapangan. Bukan apa-apa, kerap nasabah abaikan untuk memenuhi syarat dan kondisi yang dibutuhkan. Mulai dari tahap pelaporan hingga eksekusi perbaikan kendaraan meski dilakoni.



Berikut montirgw.com kutip untuk montir mania, kami kumpulkan 10 tips yang perlu Anda lakukan dalam melakukan klaim Asuransi. Seperti ketika mengalami kecelakaan atau tabrakan atau lainnya.


1.       Upayakan membuat laporan klaim sesegera mungkin. Anda bisa mengakses perusahaan asuransi via telepon, sms, website dan lainnya.

2.       Buatlah lampiran kronologi kejadian yang Anda Alami secara singkat dan jelas.

3.       Siapkan dokumen pendukung yang dibutuhkan pada saat klaim. Seperti data polis, STNK dan SIM pengemudi yang terlibat dalam insiden.

4.       Untuk klaim di luar kota, catat nomor penting dan kantor perwakilan bila Anda bepergian. Termasuk daftar bengkel rekanan. Selain nomor polis kendaraan, lampirkan beberapa data pribadi Anda seperti nama dan alamat lengkap, nomor telp dan lainnya.

5.       Saat survey, Anda mesti pro aktif untuk menanyakan perihal pengecekan petugas dilapangan.

6.       Pastikan Anda sudah mendapat surat perintah kerja (SPK) dari perusahaan asuransi untuk melakukan perbaikan ke bengkel yang ditunjuk. Nasabah tinggal mengisi formulir yang tersedia dan mengirimkan ke alamat via website perusahaan asuransi bersangkutan untuk pemprosesan.

7.       Sebaiknya perbaikan dilakukan di bengkel rekanan. Selain sudah menjalin kerja sama secara administrasi dengan perusahaan asuransi, standar kualitas kerja, waktu pengerjaan serta jumlah biaya perbaikan sudah baku.

8.       Tak ada salahnya membantu akses untuk mencari onderdil yang dicari. Kerap onderdil yang dicari butuh waktu oleh bengkel. Bila perlu Anda mencari tahu alternative onderdil yang dicari. Hal ini dilakukan untuk mempercepat pengerjaan perbaikan di bengkel.

9.       Jangan sungkan untuk terus memantau dan menanyakan perihal klaim dan pengerjaan kendaraan secara actual ke pihak terkait, baik ke asuransi atau bengkel.

10.   Informasikan pada pihak asuransi tentang kondisi mobil dan klausul yang pas saat perpanjangan polis berlangsung.


Klaim Tertolak

Meski mobil Anda sudah dijamin asuransi, bukan berarti segalanya menjadi mudah dan ditangggung. Ada sejumlah hal yang penting Anda ketahui berkenaan klaim. Kami juga mengumpulkan 10 kondisi pihak asuransi punya hak untuk menolak klaim asuransi mobil Anda. Artinya beberapa hal ini perlu Anda hindari.



1.       Dalam kondisi tidak sadar alias mabuk akibat pengaruh minuman keras, zat aditif (narkoba) dan lainnya saat mengendarai. Tidak akan disetujui jika ada bukti penggunaan dari pihak berwenang.

2.       Melanggar aturan lalu lintas saat kejadian berlangsung. Seperti menerobos lampu merah, melawan arah dan lainnya.

3.       Masa berlaku SIM sudah berakhir.

4.       Menerobos genangan air yang mengakibatkan kerusakan teknis pada mesin.

5.       Masa polis telah berakhir dari tengat waktu yang ditentukan. Sementara perusahaan asuransi sudah melayangkan renewal notice sebelumnya.

6.       Mengganti komponen teknis dalam kendaraan tanpa endorsement dalam polis. Seperti menggganti mesin, memasang turbocharger dan lainnya yang bersifat teknis.

7.       Menyerahkan pada valet perking dan ada barang atau mobil hilang. Kecuali Anda telah melengkapi dengan klausul tambahan dalam polis.

8.       Masuk dalam kategori penggelapan untuk memproses klaim kehilangan kendaraan.

9.       Double Insurance , jika Anda memiliki dua polis asuransi kendaraan yang berbeda untuk satu objek.

10.   Masih menganggap asuransi All risk berarti semua resiko dijamin. Padahal tidak semua dijamin dalam klausul Comprehensive tergantung kesepakatan di awal.


Sumber : majalah Auto Bild Edisi 262

Penulis : Toni


Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Jaga Kilap Mobil Baru Anda
Tips Jaga Kilap Mobil Baru A...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Mau Buat SIM Baru? Begini Caranya!
Mau Buat SIM Baru? Begini Ca...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Antara Remapping dan Piggyback oleh M.Soleh Yusuf
Antara Remapping dan Piggyba...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Masalah dan cara membetulkan AC mobil
Masalah dan cara membetulkan...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com