Cara Efektif Maksimalkan Kerja Penyejuk Kabin
Publish 2015-06-24 Dilihat: 1733

Jakarta, - Berkendara saat berpuasa adalah tantangan tersendiri yang harus disiasati maksimal, agar tetap berkendara aman tanpa mengganggu puasa. Mengendarai mobil tentu lebih diuntungkan dengan adanya fitur penyejuk kabin (air conditioner/AC). Hanya kita wajib mengetahui efek buruk dan bagaimana membuat kerja AC makin maksimal.

AC adalah menjadi senjata ampuh di dalam kendaraan, untuk meredam suhu panas di siang hari. AC berfungsi menyebarkan udara dingin sehingga memberikan kesejukan di dalam kabin. Pada prosesnya, hawa dingin yang disebarkan dapat menyerap kelembaban di ruangan.

Bila berlangsung dalam waktu yang cukup lama, hal tersebut menyebabkan kulit kering dan iritasi ketika berlama-lama di ruang ber-AC. Akibat yang lebih fatal adalah, tubuh kehilangan cairan berlebih atau dehidrasi.

"Penggunaan AC dalam kendaraan saat berpuasa memang penting, tapi harus disiasati dengan baik supaya tidak cepat dehidrasi," ujar Bintarto Agung, Executive Director dan Chief instructor of Indonesia Defensive Driving Centre (IDDC), kepada Kompas, Selasa (23/6/2015).

Bintarto menjelaskan, ada beberapa cara untuk pengemudi yang menjalani puasa namun harus beraktivitas menggunakan mobil. Mulai dari menjaga suhu tetap sejuk namun tidak menimbulkan hidrasi berlebih.

"Atur ritme sirkulasi udara di kabin dengan memasukkan udara dari luar dengan sedikit membuka jendela. Lakukan setiap 2 jam atau kurang. Hal ini penting untuk menjaga kualitas oksigen di kabin selalu terjaga dengan baik," kata Bintarto.

Dengan mengatur suplai udara dalam kabin, lanjut Bintarto, juga bisa menjaga suplai oksigen ke otak. Pengemudi dan seluruh penumpang tidak mengalami efek kelelahan atau fatique yang berujung pada rasa kantuk.


Sumber :Kompas
Image : Kompas

Artikel & tips mobil montirGw.com - Untungnya Setia dengan Satu Perusahaan Asuransi Mobil
Untungnya Setia dengan Satu ...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Panduan Membeli Mobil Jenis SUV di Perkotaan
Panduan Membeli Mobil Jenis ...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips saat Isi Bahan Bakar di SPBU
Tips saat Isi Bahan Bakar di...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Pasang Nosel Washer 3 Mata (Cegah Kaca Cepat Baret)
Pasang Nosel Washer 3 Mata (...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
25%
Free
montirgw.com - auto deals, Sale.. ALL Achilles Tyres, Semua Jenis Ban Achilles Discount 25%..!!
Sale.. ALL Achilles Tyres, Semua Jenis Ban Achilles Discount 25%..!!
View
pendaftaran montir dimontirgw.com