Penyebab Temperatur Mesin Mobil Naik
Publish 2015-10-12 Dilihat: 1571

Jakarta – Masing-masing kendaraan roda empat atau lebih pada instrument cluster terdapat indikator temperatur mesin. Jika suhu mesin normal, indikator yang masih analog jarumnya akan berada di tengah sedangkan model digital tidak menyala. Jika kondisi sebaliknya, maka indikator menyala atau jarum akan melewati batas normal.

Jika jarum indikator temperatur berada di batas normal atau model digital mulai menyala maka sebaiknya Anda melakukan pengecekan. Sebab, bisa dipastikan ada beberapa bagian yang mengalami kerusakan.

Menurut Ujang dari bengkel spesialis radiator yang berada di kawasan Raden Inten 2, Jakarta Timur, ada banyak faktor penyebab indikator temperatur mesin mobil naik. Disarankan jika sudah seperti itu, lebih baik segera dibawa ke bengkel terdekat untuk diperbaiki.

Pertama, menurut Ujang faktornya karena kipas radiator tidak berputar dengan normal sehingga kerjanya tidak maksimal dan menyebabkan suhu cepat tinggi. Kedua, terjadi kebocoran pada radiator. Meski bocornya kecil, tapi air akan berkurang dan menyebabkan mesin cepat panas.

Ketiga, sirkulasi air pada radiator tidak bekerja dengan normal. Itu terjadi karena water pump rusak dan v-belt putus. “Biasanya yang paling sering terjadi seperti itu. Jika kondisinya sudah separah itu maka jangan dipaksa untuk terus berkendara karena akan merusak ke mesin. Karena, jika terjadi kebocoran maka air akan masuk ke mesin dan oli akan naik dan mesin bisa jebol,” ujar Ujang saat ditemui Kompas akhir pekan lalu.

Sumber : Kompas
Image : Kompas

Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Ringan, Membersihkan Emblem Mobil
Tips Ringan, Membersihkan Em...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Akibat Jika Memakai Octane Booster di Mobil
Akibat Jika Memakai Octane B...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Kenali Penyebab Anomali Indikator Bahan Bakar di Mobil
Kenali Penyebab Anomali Indi...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Teknik Mengatasi Rintangan (Mengatasi Medan Berlumpur)
Teknik Mengatasi Rintangan (...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com