Mobil Konsep ”Microcar” Daihatsu yang Unik
Publish 2015-10-12 Dilihat: 1746

Tokyo– Divisi microcar (mobil mini) Daihatsu bersiap menunjukkan tiga konsep terbaru yang akan tampil perdana di Tokyo Motor Show (TMS) akhir Oktober 2015. Ketiganya didesain sebagai ”pembantu” manusia dengan fitur-fitur ”pintar” untuk memudahkan.

Dihatsu Nori Ori misalnya, diciptakan untuk memudahkan orang-orang yang menggunakan kursi roda. ”Nori Ori” adalah bahasa Jepang yang berarti ”masuk-keluar”. Kunci utama mobil ini adalah lantai yang sangat rendah. Lantai penghubung yang landai memastikan pengguna kursi roda aman keluar-masuk.

Pintu bisa membuka ke kanan-kiri dan sangat luas, seperti kendaraan umum subway atau busway. Di belakang, pintu lebar membuka ke atas hanya dengan menekan tombol. Kabin pun juga didesain cukup untuk dua penumpang berkursi roda tanpa melipat kursi utama.

Tempo dan Hinata
Sementara konsep Tempo lebih diarahkan sebagai ”food truck” alias mobil penjaja makanan. Bagian samping bisa dibuka sebagai jendela sekaligus menjadi awning (atap). Area display dan counter sudah menjadi satu paket (built-in). Di sisi sebaliknya terdapat layar monitor lebar untuk promosi, dan pintu belakang juga bisa dibuka sebagai akses keluar-masuk.
 

Sedangkan Daihatsu Hinata dikembangkan untuk memaksimalkan ruang terbatas kabin. ”Hinata” adalah bahasa Jepang yang berarti ”tempat yang panas”, mengadopsi model yang trendi dan penuh warna cerah pada eksterior dan interior. Jok bisa diputar-putar dan saling berhadapan, bahkan bisa dijulurkan keluar dari kabin untuk menikmati pemandangan.
 

Apakah ketiganya sanggup mengakomodasi kebutuhan dan atau dibutuhkan? Tentu ini masih sebatas konsep. Pendapat pengunjung TMS dan hasil survei internal jelas akan menentukan, apakah tiga mobil mungil ini bisa masuk jalur produksi atau belum saatnya.

Sumber : Kompas
Image : Kompas

 

Artikel & tips mobil montirGw.com - Mobil Keren Santa Claus versi foxbusiness
Mobil Keren Santa Claus vers...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Nissan GT-R LM Nismo Unjuk Gigi di Le Mans 2015
Nissan GT-R LM Nismo Unjuk G...
Artikel & tips mobil montirGw.com - SUV Lamborghini Urus Segera Rilis Akhir 2017
SUV Lamborghini Urus Segera ...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Mobil Otonomos Audi Berhasil Uji Test Balap di Sirkuit
Mobil Otonomos Audi Berhasil...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com