“Produk Dalam Negeri”
Publish 2016-08-11 Dilihat: 1450

Jakarta,– Istilah “Produk dalam Negeri” kerap kali didengar atau ditemukan di beberapa momen. Lebih dari itu, setiap negara bahkan menganjurkan masyarakatnya untuk lebih memilih produk dalam negeri ketimbang barang impor.


Namun apa maksud dari produk dalan negeri sendiri?
 

Di dalam Peraturan Menteri Perindustrian No. 16 tahun 2011 Bab 1 pasal 1 bahwa disebut sebagai produk dalam negeri, ketika sebuah barang atau jasa, termasuk rancang bangun dan perekayasaan, yang diproduksi atau dikerjakan oleh perusahaan yang berinvestasi dan berproduksi di Indonesia.
 

Meskipun dalam proses produksinya atau pengerjaannya dimungkinkan menggunakan bahan baku/komponen yang didatangkan dari luar negeri, atau impor. Baru setelah itu, produk dalam negeri ini kemudian dihitung berapa tingkat kandungan dalam negerinya (TKDN) , yang berupa barang, jasa (pekerja) dan alat kerja.


“Suatu produk dikatakan memiliki kandungan lokal apabila ada nilai tambah bagi dalam negeri. Meski material impor tetapi proses pengerjaannya melibatkan tenaga kerja dan alat kerja dari dalam negeri, masih bisa dikatagorikan memiliki nilai TKDN,” ujar I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian kepada Kompas, Senin (8/8/2016).
 

Tentu saja, semakin tinggi tingkat kandungan lokalnya, akan semakin menguntungkan masyarakat Indonesia. Apalagi jika produk tersebut sangat diminati di pasaran, khususnya pada industri otomotif roda empat, roda dua, maupun after market dan lainnya.
 

Jadi kapan mulai mempertimbangkan “Produk dalam Negeri”untuk dibeli?

Sumber : Kompas
Image : Kompas

 

Artikel & tips mobil montirGw.com - Wanita ini Selamatkan diri Melompat Dari Mobil yang dihantam Buldozer
Wanita ini Selamatkan diri M...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Kia Bakal Luncurkan Pesaing Honda HR-V
Kia Bakal Luncurkan Pesaing ...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Honda Racik NSX “Roadster” Baru
Honda Racik NSX “Roadster...
Artikel & tips mobil montirGw.com - ACC Keluarkan Kredit Mobil Lewat Obligasi Rp 936,6 Miliar
ACC Keluarkan Kredit Mobil L...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com