Cek Penyakit Mobil Bekas,Sebelum Putuskan Membeli
Publish 2013-12-09 Dilihat: 3355

Jakarta - Kondisi mobil bekas (mobkas) tidak selamanya selalu bagus, hindari ucap manis penjual dan tetap berpegang pada kelengkapan kendaraan. Penting untuk diingat, membeli barang seken berarti kita harus berhadapan dengan masalah yang dihadapi pemilik sebelumnya.
 

Merawat mobkas memiliki perhatian ekstra, apalagi berumur 5 tahun lebih. Rudi Hartono, kepala mekanik, Hyundai Kalimalang, mengatakan, "Umur optimal mobil pribadi 5-7 tahun atau 80-100 ribu Km, beda lagi kalau mobil rental," jawabnya ketika ditanya Kompas, Minggu (8/12/2013).


Mobil bekerja sebagai sebuah sistem, dan terdiri dari banyak komponen, dan bagian. Untuk itu langkah awal mengetahui sejarah kendaraan tanyakan jejak perawatan sehingga kita mengetahui sejauh mana pemilik merawat mobil tersebut. "Perawatan mobkas pilihan kita bisa dimulai dari situ," kata Rudi.


Lebih baik lagi, lanjut Rudi, sebelum membeli kita sudah paham dulu apa saja penyakit umum yang diderita yang jadi pilihan. Dengan begitu kita dapat melakukan estimasi biaya perbaikan. Penyakit terselubung bisa saja mendera setelah melewati proses pemakaian beberapa minggu sesudah pembelian. Ada baiknya langsung dibuatkan CCR (Car Condition Report) di bengkel ATPM sesuai merek. "Fungsinya untuk mengetahui kelayakan pakai sampai 6 bulan ke depan. Ini juga termasuk cek kelistrikan, bisa juga dilakukan di bengkel ahli," ucapnya.


Paling umum terjadi adalah asap keruh keluar dari lubang knalpot, "Kalau warnanya putih berarti berhubungan dengan komponen internal mesin, kalau hitam bisa jadi oli, sensor injeksi, atau sistem bahan bakar yang bermasalah," papar Rudi. Kaki-kaki juga perlu dapat pengawasan, dengar dengan seksama apakah ada bunyi-bunyi aneh dari bagian bawah mobil. Booshing dan karet diperiksa kondisinya, baik atau tidak.


"Beli mobkas berarti beli resiko, siapkan dana 10-20 persen dari dana pembelian untuk perawatan," tutup Rudi.


Sumber : Kompas

Artikel & tips mobil montirGw.com - Serba Serbi Spooring dan Balancing,Simak Tipsnya
Serba Serbi Spooring dan Bal...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Urus STNK Hilang, Cuma Rp50.000
Tips Urus STNK Hilang, Cuma ...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Cara Mengganti Ban Mobil Bocor Dengan Ban Serep
Tips Cara Mengganti Ban Mobi...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Alat Pengunci Pintu Otomatis untuk Jazz Lama
Alat Pengunci Pintu Otomatis...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com