Tips Cara Memilih Spare Part
Publish 2013-12-17 Dilihat: 3700

Jakarta - Mengganti suku cadang lama atau yang telah usang dengan yang baru merupakan bentuk dari perawatan berkala yang wajib dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan. Tersedianya beraneka ragam suku cadang, atau bahakan beberapa pilihan untuk setiap jenisnya di pasaran membuat konsumen semaking bingung untuk memilih. Dan belum adanya jaminan untuk keaslian sebuah produk memaksa konsumen untuk bersikap teliti.

Pada umumnya, suku cadang yang berumur pendek dengan masa pergantian yang cepat (fast moving sparepart) seperti busi, saringan oli, saringan bensin, dan saringan udara terdiri atas tiga kelas yang masing-masing tingkatan memiliki harga dan kualitas yang berbeda.

Pertama adalah suku cadang original yang memiliki kualitas bagus namun dibandrol dengan harga yang mahal. Kedua adalah suku cadang buatan Jepang dengan kualitas yang cukup bagus namun harganya sedikit lebih murah. Sejumlah praktisi otomotif menyatakan bahwa suku cadang jenis ini didatangkan dari pemasok suku cadang original, hanya saja mereknya berbeda. Harganya yang sedikit lebih murah dikarenakan mereknya tidak harus beli. Ketiga adalah suku cadang lokal, dimana komponen ini adalah produk asli dalam negeri yang dibanderol dengan harga murah, namun disayangkan kualitasnya pun kurang bagus.

Bagi konsumen yang masih awam dalam membedakan jenis-jenis tersebut, bisa menjadi korban praktek curang dari penjual suku cadang bandel yang memanfaatkan situasi ini ini untuk menjual suku cadang berkualitas rendah dengan harga tinggi, seperti menjual suku cadang kelas tiga dengan harga kelas dua atau bahkan kelas satu.

Walaupun kemungkinan terjadinya pembelian suku cadang palsu belum dapat dihindari sepenuhnya, namun ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisir kejadian tersebut :

Beli di Toko Resmi

Jadikan toko resmi sebagai pilihan utama untuk membeli suku cadang pengganti. Pembelian di toko resmi dapat menekan potensi pembelian onderdil palsu. Meskipun tidak ada jaminan bahwa produk yang dibeli 100% asli, namun jika terbukti tidak atau terjadi masalah, konsumen dapat langsung menngajukan keluhan ke toko tersebut dengan dengan hak dilindungi Undang-Undang konsumen.

 

Kenali Cirinya
Cara termudah untuk membedakan antara suku cadang asli dan palsu adalah dengan memerhatikan kemasannya. Suku dadang asli biasanya dilabeli stiker hologram, sedangkan suku cadang palsu biasanya tidak dilabeli stiker hologram. Selain itu, bagian sudut atau lengkungan suku cadang palsu biasanya terlihat kasar, berbeda dengan spare part asli yang benar-benar mulus. Sedangkan untuk velg biasanya yang asli terasa lebih ringan dibandingkan velg lokal yang terasa berat.

 

Garansi
Pastikan bahwa suku cadang yang dibeli memperoleh garansi resmi atas penggantian jika produk tersebut bermasalah dalam periode tertentu. Hal ini memperkecil kemungkinan untuk mendapatkan barang palsu

Sumber : accnews.com

Artikel & tips mobil montirGw.com - Setir Mobil Bergetar Saat Mengerem? Ini Penyebabnya
Setir Mobil Bergetar Saat Me...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Estimasi Biaya Kepemilikan SUV Diesel Menengah
Estimasi Biaya Kepemilikan S...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Simak Penyebab dan Solusi Pedal Kopling ”Keras”
Simak Penyebab dan Solusi Pe...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Part Mobil yang Wajib Diganti Bila Mobil Mogok Kena Banjir
Part Mobil yang Wajib Digant...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
25%
Free
montirgw.com - auto deals, Sale.. ALL Achilles Tyres, Semua Jenis Ban Achilles Discount 25%..!!
Sale.. ALL Achilles Tyres, Semua Jenis Ban Achilles Discount 25%..!!
View
pendaftaran montir dimontirgw.com