Penyebab Bunyi degungan di mesin mobil
Publish 2013-06-19 Dilihat: 51062


Pengguna mobil mungkin pernah mengalami problem yang cukup menjengkelkan seperti ini. Mobil sering timbul bunyi mendengung panjang baik saat jalan. Tapi bunyi ini kemudian hilang dalam beberapa menit. Berikut montirgw.com ulas sedikit untuk montir mania apabila terdengar bunyi dengung pada mobil Anda.

 

Sebenarnya, bunyi dengung tersebut bisa berasal dari beberapa sumber. Pertama adalah kondisi belt yang sudah tidak baik. Ketika kondisinya tidak prima, belt bisa mengeluarkan bunyi mendengung/berdecit ketika berputar. Bila ini penyebabnya, mengganti belt baru bisa menyelesaikan masalah.

 

Ada juga kemungkinan bunyi dari pompa bensin atau power steering bermasalah. Untuk lebih pasti, buka kap mesin dan cari tahu persisnya dari mana bunyi itu berasal. Setelah penyebabnya ditemukan segera perbaiki, karena bila dibiarkan dikhawatirkan bisa merembet ke komponen lain.

 

Bisa juga disebabkan bunyi dari kompresor AC yang sudah rusak. Gesekan kasar metal di dalam kompresor menyebabkan bunyi ini terjadi, dan menghilang bila kompresor berhenti berputar.

 

Dan yang paling tidak terduga adalah ban yang rusak. Bunyi dengungan dari ban yang “melentung” atau rusak. Seperti yang kita tahu ban terdiri dari serat karbon pelapis dan karet pelindung. Saat serat karbon ban rusak, akan menimbulkan gesekan pada velg dan jalanan, munculah bunyi “dengung” seakan bunyi tersebut dari mesin atau bearing.

 

Jadi tidak ada salahnya apabila montir mania mendengar bunyi dengung, segera cek ke bengkel rekanan montirgw.com atau bengkel langganan untuk memastikan sumber bunyi dan memperbaikinya. Karena sedikit saja kerusakan mobil bisa berakibat fatal bagi pengendaranya. Tetap waspada dan hati-hati saat mengemudi.



Artikel & tips mobil montirGw.com -  Tips Membeli Mobil Bekas Dengan Cerdas
Tips Membeli Mobil Bekas De...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Lubang Pelek Baru Tak Sesuai, Pakai ”Spacer” dan ”Adaptor”
Lubang Pelek Baru Tak Sesuai...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Cara Pasang Jumper Mobil untuk Hindari Aki Meledak
Cara Pasang Jumper Mobil unt...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Hemat BBM secara Teknis dan Non-teknis
Tips Hemat BBM secara Teknis...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com