Lubang Pelek Baru Tak Sesuai, Pakai ”Spacer” dan ”Adaptor”
Publish 2013-12-24 Dilihat: 17051

Jakarta – Ingin modis dengan ganti pelek, terkadang masalah terbesar tidak kesesuaian jumlah lubang baut, PCD, atau offset . Untuk mengakali mau tak mau membuat spacer atau adaptor. Banyak yang menyediakan dan bisa membuat kustom dua komponen ini. Rata-rata, bahan pembuatnya dari alumunium untuk spacer, dan besi baja untuk adaptor.

Mulyono, supervisor Gelora Teknik Sarinande menjelaskan, spacer berfungsi menambah jarak antara pelek dengan rumah roda agar bisa terpasang dengan pas, asal jumlah lubang dan jarak antar baut (PCD) sama. Kalau jumlah lubang dan ukuran PCD berbeda, bisa menggunakan adaptor. ”Sudah banyak yang memakai spacer dan adaptor, rata-rata yang ingin ganti pelek pasti bikin,” ujarnya.

Dari penjelasan Mulyono, memasang adaptor akan lebih rumit, karena harus membuat PCD atau offset baru. Bahan besi dibubut, dan akan berfungsi sebagai dudukan baru agar pas dengan pelek yang akan dipasang. Asal, ukurannya tak jauh dengan ukuran lama. Misalnya, PCD 4x100 diubah ke 5x114,3 atau 5x112.

”Kebanyakan sedan-sedan mewah yang membuat adaptor. Seperti Volvo, BMW, atau Mercedes-Benz. Karena banyak variasi pelek yang tidak sesuai lubang, terutama offset. Misalnya, offset yang pas 25mm sementara offset pelek 34-40mm. Jumlah lubang dan PCD juga beda. Ini yang harus pakai adaptor,” terang Mulyono.

Agar semakin kuat, sebaiknya mengggunakan center ring untuk mengurangi getaran yang mungkin ditimbulkan pelek. Karena dengan spek lima baut mempunyai center hole lebih besar dari pada empat baut.

Keunggulan memasang adaptor, mudah dibongkar pasang sehingga PCD bisa distandarkan kembali. Hanya kelemahannya, kerja baut standar menjadi lebih berat karena kekuatan adaptor terletak di baut standar mobil. Disarankan, tidak dibeger terlalu kencang. Untuk biaya sediakan paling sedikit Rp 1,5 juta untuk satu set adaptor.

Tambah PCD

Mengoprek pelek juga bisa dilakukan dengan menambah lubang PCD menjadi double PCD. Misalnya, pelek standar punya PCD 4x100, bisa ditambah 5X112, jadi akan ada sembilan lubang pada bagian tengah pelek. Untuk ini, Mulyono akan sangat berhati-hati. Jika memang pelek tidak kuat untuk dibuat double PCD, sebaiknya tidak dilakukan karena akan sangat berbahaya.

Sumber : kompas

Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Perjalanan Jauh di Malam Hari, Cermati Penerangan Mobil
Tips Perjalanan Jauh di Mala...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Cara Mudah Urus Tilang Tanpa Sidang
Cara Mudah Urus Tilang Tanpa...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Cek Kondisi Mesin Mobil Lewat Warna Oli
Cek Kondisi Mesin Mobil Lewa...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Mau beli Mobkas?Berikut Tips untuk Memilih Mobil Bekas
Mau beli Mobkas?Berikut Tips...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com