Panel Ahli, Soal Melintasi Genangan Air oleh Usman Adie
Publish 2013-06-27 Dilihat: 1657

Panel Ahli

Usman Adie

Service Manager, Tunas Toyota Pasar Minggu


Berikut montirgw.com kutip untuk montir mania pertanyaan dan jawaban soal melintasi genangan air. Cocok untuk montir mania daerah Jakarta yang sering kebanjiran di kala hujan.

 

Q:

Dari informasi yang saya terima tentang persiapan menghadapi musim hujan , beberapa tindakan pencegahan justru saya anggap tidak perlu dan mengherankan. Semisal , mengoleskan auto sealer (pasta silikon) pada bagian distributor, busi dan sistem pengapian. Sebenarnya langkah antisipasi apa yang perlu diambil, jika mobil memang terpaksa melewati genangan air?

Adi Admatja

Pasar Rebo, Jakarta Timur


A:

Semestinya yang perlu diperhatikan pada perjalanan di musim hujan yaitu kondisi ban. Jangan sampai karet bundar ini “gundul”, pasalnya akan mengurangi traksi ke jalan raya yang licin. Tidak hanya itu resiko “floating” (mengapung) akan cukup tinggi. Yang kedua, tentu saja tekanan ban. Jangan sampai berkurang, sebab dinding ban akan menggembung atau bahkan terlipat saat mobil melintasi genangan air. Berikutnya, lakukan spooring dan wheel alignment mengingat kelurusan roda sangat vital dalam melibas lintasan berair.

 

Cek semua piranti pendukung, seperti motor wiper, puncture pump (pompa penyemprot air wiper) dan semua kabel koneksi kelistrikan pada engine bay (kompartemen mesin). Selanjutnya, pastikan alternator bekerja dengan baik. Ini penting, mengingat saat berkendara di musim hujan, semua kelistrikan menyala (lampu, AC dan wiper).

 

Yang tak kalah penting, yaitu kondisi rem. Terutama bagi mobil yang masih menggunakan rem tromol. Sistem rem ini cenderung meyimpan kotoran, dan bila dibiarkan akan mengendap serta mengganggu kinerja pengereman

 

Jika terpaksa melewati genangan air, jangan sampai kedalamnya melebihi setengah tinggi roda. Tetapi lebih utama bila berpatokan pada tinggi antara lubang knalpot dengan jalan.

 

“Jangan menutup sistem / komponen pengapian ”

 

 Sebab, walaupun genangan air belum setinggi setengah roda, tetapi bila mulai menyentuh knalpot, sebaiknya urungkan niat montir mania. Ingat, mobil bukanlah perahu.

 

Mobil sekarang telah maju teknologinya, jadi jangan lagi melakukan penutupan (pemberian sealer) pada sistem atau komponen pengapian. Memang trik ini menjaga mesin tetap hidup saat melintasi genangan air, akan tetapi justru berakibat fatal jika ternyata air masuk ke dalam mesin dan mesin itu sendiri masih hidup. Itulah yang dinamakan water hammer, dan biaya perbaikannya sangat tinggi. Tidak sebanding dengan waktu yang Anda kejar, karena memaksa mobil melintasi genangan air.

 

Sumber: Majalah Autocar maret 2005

Image :arifuddinali.blogspot.com

Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Jaga Kilap Mobil Baru Anda
Tips Jaga Kilap Mobil Baru A...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Akibat Jika Memakai Octane Booster di Mobil
Akibat Jika Memakai Octane B...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Aksesoris Kabin Berlebihan timbulkan Kesan Sumpek
Aksesoris Kabin Berlebihan t...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Cara Sederhana Cegah Jamur di Bodi Mobil
Cara Sederhana Cegah Jamur d...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com