Jangan Asal Ganti Pelek Anda,Bahaya
Publish 2014-01-02 Dilihat: 5402

Jakarta - Mengganti pelek merupakan salah satu jenis modifikasi yang banyak dilakukan pemilik kendaraan agar tampil trendy dan sporty. Namun, salah memilih pelek malah bisa menyebabkan mobil tidak nyaman dikendarai.

Seperti diungkapkan Suharno, pemilik bengkel PS Ban dan Velg, memilih pelek bukan sekadar memilih motif. Ada faktor penting lainnya yang perlu diperhitungkan.

Ia menuturkan, hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih pelek adalah ring atau ukuran diameternya. Ukuran sangat penting, sehingga jangan sampai menggunakan ukuran yang salah.

"Kalau salah, Anda harus mengubah komponen kaki-kaki mobil lainnya," ungkapnya kepada Plasadana.com yang mewawancarainya untuk Yahoo Indonesia.

Menurut Suharno, setiap mobil memiliki ukuran pelek maksimal. Standar ukuran ring pelek untuk mobil kecil maksimal 17 inci, mobil medium maksimal 18 inci, dan ukuran besar biasanya 19 inci atau lebih.

Oleh karena itu, jika memutuskan mengganti pelek dengan ukuran lebih besar dari sebelumnya, maka sebaiknya peningkatan ukuran pelek yang dipilih masih pada kisaran yang dapat ditoleransi. "Maksimal tiga tingkat dari ukuran aslinya, atau biasa dikenal dengan istilah up size +3. Begitu juga dengan lebar pelek, sesuaikan dengan batas maksimal mobil," ungkapnya.

Lebih jauh, Suharno mengungkapkan, setiap pelek mobil memiliki ukuran PCD (Pitch Centre Diameter) yang berbeda. Ukuran PCD velg ditetapkan berdasarkan jarak antara lubang baut yang satu dengan yang lainnya.

"Ukuran PCD ini dapat dilihat pada spesifikasi yang tertera di pelek. Contohnya, jika pada pelek tertulis 4×100, artinya pelek tersebut memiliki 4 lubang baut dengan PCD 100 mm," jelasnya sambil memperlihatkan contoh pelek.

Selain ukuran, pemilik empat bengkel ban dan pelek di Jakarta ini juga mengungkapkan pentingnya pemilihan material pelek. Ada berbagai macam pilihan pelek dengan berbagai macam bahan. Ia menyarankan agar pemilik kendaraan memilih yang berasal dari jenis logam dengan berat ringan, seperti billet steel atau magnesium. 

"Hal tersebut akan mengurangi keseluruhan berat mobil dan tidak mengurangi daya tahan pelek," tuturnya.

Lebih jauh, Suharno juga mengungkapkan pemilihan model pelek harus sesuai dengan tema modifikasi yang diusung. Saat ini, banyak tersedia berbagai model yang beredar di pasaran, sehingga memudahkan pemilik kendaraan dalam memilih.

Jika menginginkan tampilan yang sporty, katanya, maka tema balap yang cocok. "Tetapi, jika lebih menginginkan kesan yang anggun pada mobil, gunakan yang modelnya mewah," tuturnya.

Sumber : yahoo.com

Artikel & tips mobil montirGw.com - Berikut Langkah-Langkah Lakukan Klaim Asuransi Kendaraan
Berikut Langkah-Langkah Laku...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Cara Baca Angka-angka di Ban Mobil
Cara Baca Angka-angka di Ban...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Waspada Baut Rawan Karat, Bisa Menyusahkan Saat Pembongkaran
Waspada Baut Rawan Karat, Bi...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Hal memalukan yang paling sering dialami pengemudi
Hal memalukan yang paling se...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com