Tips Audio di mobil non Premium, Kenali Desain Interior
Publish 2013-07-04 Dilihat: 5681

“Kenali Desain Interior..”

 

Mobil premium biasanya bersistem audio surround sound. Namun, pemilik mobil non-premium tak perlu berkecil hati : tambahkan saja beberapa piranti. Berikut montirgw.com ulas untuk montir mania untuk tips audio di mobil non premium.

 

Beruntunglah pemilik mobil premium. Pasalnya, sistem audio mobil-mobil premium sudah berkualitas. Tetapi, berkembangnya peranti after market dan kreativitas pemilik maupun instalatur audio dapat mengubah kualitas sistem audio mobil yang ‘biasa saja’ menjadi surround sound. Perkembangan in-car entertainment begitu pesat sehingga membuat sejumlah pemilik mobil memasangnya sebagai penghibur sepanjang perjalanan.

 

“Ada tiga hal yang harus diperhatikan oleh pemilik jika hendak mengubah sistem audio yang ‘biasa saja’ agar memiliki efek surround, yakni penataan ulang speaker, pemilihan devices yang tepat, seperti DVD player plus processor DTS Dolby Digital 5.1 dan kreativitas instalatur. Perhitungan tata letak speaker, khususnya speaker belakang, perhitungan time delay dan dimensi interior juga harus baik,” jelas Boyke, instalatur Prisma Autosound.

 

Untuk itu, bagi montir mania yang hendak membuat sistem audio berefek surround, dapat memperhatikan hal-hal berikut :

 

1.       Kenali desain interior mobil-mobil Anda. Jika mobil Anda 2-seater, maka letak speaker belakang mungkin terlalu dekat dengan pendengar. Pada mobil convertible, maka montir mania tidak akan mendapatkan staging yang pas untuk mengeluarkan efek surround. Sedangkan SUV, akan didapati ruang yang rectangular bukan kotak. Kemungkinan besar, penumpang tengah tidak akan mendengarkan suara efek asli dari channel tengah.

2.       Terkadang head unit orisinal kurang memuaskan Anda. Apabila head unit dapat diganti (bukan tipe yang terintegrasi dangan dashboard ), maka pilihlah head unit yang memiliki processor surround. Processor jenis ini dapat mensuplai digital signal ke devices lainnya. Pilihan lainnya, Anda dapat memilih CD charger berkoneksi fiber optic. Setelah itu, hubungkan CD Charger ke processor. Efek surround akan di dapat saat CD charger beroperasi. Agar optimal, pilih processor yang dapat menerima koneksi RCA dan mengubahnya ke digital.

3.       Pilih amplifier dengan 5 channel, sehingga mampu melayani speaker depan, belakang dan subwoofer. Langkah ini akan membuat suara dari empat penjuru plus subwoofer. Setiap sudut dan subwoofer akan ditempatkan dalam channel yang terpisah.

4.       Gunakan speaker midrange berdiameter 4-6 inch dan tweeter yang ditempatkan pada channel tengah. Penempatan sebisa mungkin diletakkan ditengah dashboard.

5.       Tambahkan satu buah amplifier lagi untuk speaker center-channel. Amplifier yang canggih mampu di bridge mono dan itu sudah mencukupi.

6.       Mobil premium seperti Mercy, BMW, dan Porsche sudah menempatkan speaker di empat penjuru. Untuk menciptakan environment surround. Untuk mobil non-premium, Anda tinggal menambahkan tweeter di posisi atas panel atau di pojok pilar. Gunakan passive crossover untuk mengkompensasi jarak antara mid-range dan tweeter.

 

Sumber: majalah autocar juni 2005

Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Mengendarai Mobil Matik untuk Pemula
Tips Mengendarai Mobil Matik...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Cek Garansi ATPM sebelum Pasang Double Blower
Cek Garansi ATPM sebelum Pas...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Rem Lengket Habis Dicuci, Awas Kampas Rem Palsu
Rem Lengket Habis Dicuci, Aw...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Perawatan Sistem AC, Bukan Hanya Bocor
Perawatan Sistem AC, Bukan H...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com