Berikut Tahapan Penting Perawatan Interior Mobil
Publish 2014-01-06 Dilihat: 3309

Jakarta – Banyak yang tidak sadar, kebersihan kabin sangat mempengaruhi kenyamanan bahkan kesehatan pengguna mobil. Lamanya waktu yang dihabiskan pengendara dalam perjalanan membuat interior sering dijadikan patokan. Kinclong di luar, belum tentu bersih dan sehat di dalam.

Banyak penelitian yang menyebutkan, mikro organisme dan jamur sangat mudah berkembang di kabin ketika udara di dalamnya tak pernah segar. ”Menyegarkan udara, gak ada cara lain, membersihkan semua bagian interior secara rutin. Musuhnya bukan cuma bau, tapi kesehatan. Bayangkan udara kotor itu diputar AC dan dihirup berulang-ulang,” jelas Anton dari Glance Auto Detailing di Depok.

Ditambahkan, interior bersih bisa menjadi salah satu faktor menambah usia mobil secara umum, khususnya bagian interior. Berikuti tahapan penting perawatannya:

1. Cuci Alas
Mencuci bagian bawah kabin sebaiknya dilakukan sesuai mobilitas. Kalau sering pakai mobil, pembersihan juga harus sering. Misal seminggu sekali. Untuk awal lakukan proses cuci dengan mengeluarkan semua karpet dasar dan cuci sampai bersih. Pastikan kotoran dan pasir pada bidang dasar karpet terangkat, bisa menggunakan penyedot debu.

2. Rapi
Biasakan tidak menyimpan banyak benda dalam kabin. Secukupnya saja. Misalnya, bagian belakang mobil jadi ”gudang” sepatu. Seleksi barang-barang yang penting saja dan benar-benar dibutuhkan. Ini akan meminimalisir menempelnya debu dan mengurangi bau.

3. Pembersihan
Ada lima bagian utama yang harus diperhatikan untuk membersihkan interior; dasbor, kaca sisi bagian dalam kabin, jok, karpet, dan lantai kendaraan. Lakukan proses pembersihan secara menyeluruh. Dasbor juga perlu dicuci dengan sampo dan plas chamois. Basahi plas chamois dengan cairan sampo dan usap kotoran sampai bersih. Tapi ingat, jangan terlalu basah agar tidak menetes dan merusak komponen elektronik. Jok bisa dibersihkan dengan cairan khusus sesuai bahan jok atau pembungkus.

4. Detail
Sama seperti eksterior, kabin mobil juga butuh diperhatikan detail. Biasanya dilakukan setelah proses pembersihan selesai. Misalnya, mencari debu di sela-sela yang jarang terjamah seperti sekitar lubang AC, sela-sela dasbor dan lainnya. Gunakan kuas atau kain kecil yang bisa menjangkau. Basahi dulu dengan cairan pembersih khusus.

5. Finishing
Agar usaha yang Anda lakukan dari poin awal maksimal, lakukan langkah finishing menggunakan pembersih interior berkualitas. Tak hanya berfungsi melapisi, tetapi juga mengembalikan kilau warna interior. Terakhir, jangan lupa beri wewangian untuk kesegaran. Dan juga tempatkan karbon aktif yang berfungsi menyerap bau tak sedap.

Sumber : Kompas
Image : chemicalguysuk.com, autoblog

Artikel & tips mobil montirGw.com - Cara Memanaskan Mesin Mobil yang Benar
Cara Memanaskan Mesin Mobil ...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Mengemudi di musim Hujan
Tips Mengemudi di musim Huja...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Hindari Efek Buruk Panas Matahari pada Mobil
Tips Hindari Efek Buruk Pana...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Apakah Asuransi Menerima Klaim Kendaraan yang Dibegal?
Apakah Asuransi Menerima Kla...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com