Usir Bau Kabin Mobil dengan Sekejap
Publish 2014-01-08 Dilihat: 59277

Jakarta – Bau kabin mobil bukan lagi menjadi permasalahan serius, karena bau tidak sedap di kabin bisa diusir dengan cara tradisional maupun modern dengan mudah.

Bau tidak sedap di kabin mobil dapat mengganggu konsentrasi pengendara saat berkendara. Banyak hal yang dapat menimbulkan bau di dalam kabin, seperti, jok atau karpet yang lembab, tumpahan makanan yang tersisa, tumpahan makanan yang tersisa, tumpahan susu yang diminum anak-anak, hingga bau asap rokok.

Efeknya tak hanya sekedar bau dari aroma makanan yang tersisa, namun timbulnya bakteri juga dapat menyebabkan bau busuk dan sudah pasti dapat mengganggu kesehatan. Apalagi pada saat Anda menghidupkan AC, ruang kabin yang tertutup menyebabkan udara hanya berputar di dalam kabin.

Lebih bahaya lagi bagi Anda, yang mempunyai kebiasaan merokok di dalam mobil, asapnya akan menempel di setiap sudut kabin termasuk pakaian yang dikenakan.
 

Cara paling mudah untuk menghilangkan bau rokok adalah dengan menggunakan wewangian baik yang disemprot maupun digantung pada lubang angin mobil, namun hal itu hanya menutupi bau rokok dengan aroma baru yang terkadang membuat alergi. Nah berikut ada beberapa cara lain yang bisa dicoba dan dapat mengurangi bahkan menghilangkan bau rokok dalam mobil pribadi anda :
 

  1. Cuka yang biasa digunakan untuk memasak, ternyata dapat menghilangkan bau rokok. Tuangkan cuka dalam sebuah wadah kemudian diamkan kurang lebih semalaman dalam mobil. Keesokan harinya, bau rokok pasti sudah berkurang.
     

  2. Kulit jeruk juga ampuh untuk menghilangkan bau rokok, cukup tinggalkan beberapa lembar kulit jeruk dalam mobil kita dan biarkan selama beberapa hari sampai kulit jeruk tersebut mengering baru dibuang. Bau pasti telah berkurang bahkan hilang.
     

  3. Baking soda, yang ini mungkin sudah sering digunakan. Yap, bahan yang satu ini memang dapat menghilangkan berbagai macam bau dikarenakan sifatnya yang dapat menyerap berbagai jenis bau. Sebarkan secara merata pada daerah dalam mobil yang terasa paling menyengat bau rokoknya dan tinggalkan selama beberapa jam. Setelah itu, bersihkan baking soda dengan menggunakan vacuum cleaner sampai bersih. Sebelum menyebar baking soda, coba tuangkan sedikit pada permukaan yang akan disebar untuk memastikan tidak ada efek yang disebabkan oleh bahan kimia yang terkandung dalam baking soda.
     

  4. Bagi yang suka minum kopi, bubuk kopi ternyata memiliki kemampuan menyerap bau yang baik. Jangan menyebar bubuk kopi secara langsung, karena dapat meninggalkan noda. Tetapi masukkan bubuk kopi dalam kantung kecil seperti teh celup kemudian gantungkn pada tempat yang berbau asap rokok.
     

  5. Ketika mobil tidak sedang digunakan, buka pintu dan jendela selebar mungkin selama beberapa lama agar sirkulasi pergantian udara dalam mobil lancar dan mendapat sinar matahari.
     

  6. Arang ternyata juga dapat menghilangkan bau rokok, cukup letakkan beberapa potong dalam sebuah mangkok dan biarkan selama beberapa hari.
     

  7. Anda juga dapat menggunakan produk air purifier yang sekarang banyak terdapat di pasaran dengan berbagai macam jenis untuk menetralkan aroma dalam mobil anda (cocok nih buat yang alergi dengan wewangian).
     

  8. Bila bau rokok masih belum juga hilang, bersihkan secara keseluruhan bagian dalam mobil karena asap rokok biasa meninggalkan residu/zat sisa pada permukaan interior mobil yang apabila terkena panas dapat menimbulkan bau. Jangan lupa bersihkan pula AC dan saluran udara. Sebelum membersihkan, gunakan vacuum cleaner untuk menyedot bau rokok sebersih mungkin dari semua bagian dalam interior mobil seperti karpet, jok, headrest dan lain-lain.

Atau montir mania dapat melakukan cara selain diatas yaitu dengan :

Bubuk Kopi dan Pandan
Ada beberapa cara yang biasanya digunakan untuk membasmi bau tak sedap di dalam kabin. Cara paling tradisional adalah dengan menggunakan bubuk kopi atau daun pandan. Pilihan kopi yang mempunyai kemampuan menetralkan bau menyengat. Lalu sediakan wadah kecil yang bagian bawahnya diberi perekat. Taburkan kopi di wadah kecil dan letakkan dibawah jok mobil. Selain itu bisa menggunakan daun pandan yang di potong panjang, juga diletakkan di bawah jok.

Kabin Steril
Kini juga ada alat yang diklaim mampu membasmi bakteri di kabin mobil dan dapat menghilangkan segala jenis bau yang ditimbulkan bersama Kabin Steril. Jika memutuskan membeli alat ini, harganya memang cukup mahal, berkisar Rp 15 juta, namun untuk solusi yang sama Anda cukup mengeluarkan uang Rp. 80 ribu hingga Rp 120 ribu, tergantung ukuran kabin mobil Anda.

Coba saja sambangi C3 Care Center di seputaran jalan Sudirman Jakarta Pusat untuk mendapatkan solusi penghilang bau tak sedap di dalam kabin ini. “Alat ini bisa menghilangkan bau dengan sekejap, kurang lebih 20 menit. Semua macam bau bisa dihilangkan bekas asap rokok, bau apek, mobil baru,dan lain-lain,” jelas Aretho Wijoyo, Operation Development Manager C3.

Dalam prakterknya, kabin Steril diletakkan di dalam kabin bagian tengah baris ke dua, tepatnya di atas jok mobiil. Aktifkan alat ini dengan kondisi mesin mobil dimatikan selama 10 menit, dengan kondisi pintu dan jendela ditutup rapat serta tak ada orang di dalam mobil.

“Karena pada proses tersebut kabin steril menyedot bakteri dan udara kotor berada dalam kabin, lalu mengeluarkan oksigen (O2) untuk menetralkan udara pada kabin. Setelah 10 menit berlalu, baru hidupkan mesin mobil beserta AC, dan aktifkan kembali Kabin Steril selama dua menit. Dengan sekejap bau pun hilang, dan mobil bisa langsung digunakan.”

Setelah selesai, Anda bisa membandingkan kondisi kabin mobil sebelum dan sesudah memakai produk perawatan asal Amerika Serikat ini. Bau tidak sedap menghilang dan udara di dalam kabin menjadi lebih segar.

Kabin Filter
Jika kondisi udara di dalam kabin sudah lebih baik, Anda bisa menggunakan Kabin Filter untuk menjaga kualitas udara di dalam kabin tetap segar. Alat produk dari Singapore ini berfungsi menyedot udara kotor di dalam kabin. Karena bentuknya yang kecil, alat ini dapat dengan mudah diletakkan di dalam mobil, misalnya di cup holder, konsol tengah atau di atas dashboard.

Setelah menghubungkannya dengan sumber listrik di dalam mobil (melalui cigarette lighter atau outlet power supply), Kabin Filter ini bekerja dengan menyaring udara di dalam kabin melalui air yang tersedia didalamnya. Alat ini bisa di bilang cukup praktis, karena jika air didalamnya sudah kotor, Anda cukup mengganti air tersebut dengan air bersih secukupnya.

Untuk mendapatkan alat ini, sediakan saja uang Rp 200 ribu. Alat ini bisa didapatkan di C3 Sudirman atau C3 terdekat di kota Anda. Yang menarik, alat ini juga memiliki fungsi lain sebagai pengharum kabin mobil. Cukup tambahkan wewangian favorite Anda ke dalam air di alat tersebut. Hasilnya adlah wangi mobil yang menyegarkan di dalam kabin mobil Anda.

Sumber : Majalah Autocar Desember 2013
Image : blackxperience.com 

Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Cegah Jadi Korban Pencurian Mobil Bermodus Radio Jammer
Tips Cegah Jadi Korban Pencu...
Artikel & tips mobil montirGw.com - 7 Alasan Anda untuk Menjual Mobil
7 Alasan Anda untuk Menjual ...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Biasakan Menjaga Perilaku Mengemudi di Jalan Tol
Biasakan Menjaga Perilaku Me...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Perhatikan 14 Faktor yang Perlu dilakukan Sebelum Mudik
Perhatikan 14 Faktor yang Pe...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com