Modif CityCar Anda dengan Aksesoris Add-ON
Publish 2014-01-08 Dilihat: 5176

Jakarta – City car termasuk salah satu jenis mobil yang mudah dimodifikasi. ”Garis hidup” sebagai kendaraan perkotaan yang mungil dan fungsional, mudah dipakai, berukuran pas, dan simpel, tentu membuat patokan atau pakem jika ingin dimodifikasi. Untuk tampil beda, tidak perlu mengubah terlalu banyak.

”Bila perlu, pusatkan perhatian pada interior saja, karena mobil perkotaan kan banyak dipakai di kota yang kondisi lalu lintasnya kadang bikin bete. Semakin nyaman kabin, semakin betah berada di dalam mobil. Eksterior juga dimodif, tapi jangan yang terlalu ruwet. Elegan saja,” saran Edo dari Zoom Automotive, Surabaya, kepada Kompas (4/12/2013).
 

Disarankan, untuk interior, rombak sesuai selera dan kebutuhan. Misalnya, bermain warna pelapis jok dan trim. Jika warna favorit dirasa membuat nyaman, sebaiknya hal ini didahulukan. Bekleed jok dengan nuansa sedikit lebih mewah dari model standar. Seragamkan dengan pintu atau bahkan lingkar kemudi dan tuas perseneling.

Poin penting lain adalah sarana hiburan dalam mobil. Cari paket audio dengan harga sesuai kebutuhan. ”Tidak perlu spek tinggi, yang penting kedap kabinnya. Paket-paket audio yang terjangkau dengan kualitas setara konser sudah banyak ditawarkan,” papar Edo.


Jika sound system dirasa sudah pas, tidak ada salahnya juga ditambah monitor. Pertegas nuansa elegan di dalam dengan permainan lampu (ambience lighting) yang menyejukkan suasana.

Tambahkan aksesori sederhana sebagai penunjang aktivitas, misal dudukan ponsel, travel charger, hingga tempat tissue dan boks sampah stylish.

Interior juga bisa digunakan untuk menguatkan tema yang diusung pemilik. "Walaupun konsepnya harian, jangan sekadar tampang doang, sebaiknya menyeluruh," ujar Yosef Bee, pemilk rumah modifikasi H2O Bodyworks, kepada Kompas.

Ia menambahkan, kadar ubahan tidak perlu terlalu "berat", namun disesuaikan dengan selera dan modifikasi pada eksterior. "Perlu diingat juga batasannya, jangan terlalu banyak mengurangi fungsi, kenyamanan, dan dimensi ruangan," tegasnya.  

Add On
Cara paling mudah, menambahkan aksesori add on atau plug and play. Selain produk aftermarket-nya gampang ditemui, harga masih terjangkau. Aksesori paling diincar seperti, pedal set, emblem, shift knob, setir, door/sill plate,  GPS, dan lainnya. 

Buat para pemilik yang tidak ada masalah merogoh kocek "lebih dalam" bisa mengeksplorasi lebih jauh. Misalnya, ganti jok, ubah pelapis door trim dan panel, tambah peranti sistem audio dan entertainment, pasang pengukur kinerja mesin, ataupun, memasang panel instrument baru. 

"Menambah minibar, ganti jok jenis balap, mengurangi konfigurasi tempat duduk, monitor yang terlalu besar, atau cangkok roll cage, tidak disarankan. Tapi kalau pemilik tetap mau, perlu dipahami kelebihan dan kekurangannya," tandas Yosef. 

Kabin nyaman, kini coba alihkan perhatian ke eksterior. Tidak usah banyak, cukup ganti pelek sesuai selera (dengan catatan tak terlalu besar, karena mengurangi kenyamanan). Lalu ditambahkan permainan body kit simpel. Selebihnya, pasang cutting stiker sederhana atau ubah warna.


Sumber : Kompas
Image : zeocars.com , aliexpress.com , zee-wow.com , etsy.com

Artikel & tips mobil montirGw.com - Simak Manfaat Kaca Film untuk Mobil
Simak Manfaat Kaca Film untu...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Masalah pada Kopling dan Cara Kerja Kopling
Masalah pada Kopling dan Car...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Cara Mudah Ganti Filter Isuzu Panther
Cara Mudah Ganti Filter Isuz...
Artikel & tips mobil montirGw.com - Tips Amankan Kendaraan dari Maling
Tips Amankan Kendaraan dari ...
Komentar
Untuk melakukan komentar silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Promo Auto Deals
50%
Free
montirgw.com - auto deals, Dimas Car Care Sale..
Dimas Car Care Sale..
View
pendaftaran montir dimontirgw.com